Sukses

PPP Reformasi Menjadi Partai Bintang Reformasi

Liputan6.com, Jakarta: Partai Persatuan Pembangunan Reformasi Muktamar Luar Biasa (MLB) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur 7 hingga 9 April 2003. Dalam MLB ini, Ketua Umum PPP Reformasi Zainuddin M.Z. akan mengubah nama partai dan membahas rencana koalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pemilihan Umum 2004 [baca: PPP Reformasi Siap Ganti Nama].

Menurut Zainuddin, nama PPP Reformasi dipastikan akan diganti menjadi Partai Bintang Reformasi. Perubahan nama dilakukan karena berdasarkan Undang-undang Partai Politik yang baru, nama sebuah partai tak boleh sama dengan partai yang sudah ada.

MLB juga akan menetapkan Zainuddin sebagai calon presiden dalam Pemilu 2004. Bila pencalonan ini terbentur persyaratan perolehan suara minimal 20 persen, Partai Bintang Reformasi akan berkoalisi dengan partai lain. Namun, hingga saat ini, Partai Bintang Reformasi belum menentukan akan berkoalisi dengan partai tertentu.

Mengenai keluarnya sejumlah pendiri PPP Reformasi, Saleh Khalid dan Ghazali Abbas Adan, untuk membentuk partai baru, Zainuddin menyatakan tak perlu dipersoalkan. Namun, Zainuddin tak menampik kemungkinan untuk kembali rujuk dengan PPP pimpinan Hamzah Haz.(ULF/Nurul Amin dan Kurnia Supriatna)