Sukses

Pengakuan Rafael Alun soal Rumor Artis R Terlibat Kasus Pajak

Rafael Alun Trisambodo mengaku tak memiliki kedekatan dengan artis mana pun, termasuk sosok R.

Liputan6.com, Jakarta Kasus dugaan korupsi yang menjerat Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo turut menyeret seorang artis terkenal di Tanah Air. Rafael Alun Trisambodo disebut-sebut terkoneksi dengan seorang artis berinisial R.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahkan  menyebut bakal mendalami sosok artis inisial R yang disebut turut terlibat dalam kasus yang menjerat. Sementara itu, Rafael Alun sendiri adanya keterlibatan artis dalam kasusnya. Dia mengaku tak tahu sosok inisial R yang dituduhkan tersebut.

Rafael bahkan mengaku tak memiliki kedekatan dengan artis mana pun, termasuk sosok R.

"Saya tidak punya lingkungan pergaulan artis, setiap hari saya dari pagi ke kantor, hari-hari saya habiskan di kantor. Saya enggak punya temen artis atau temen wanita lain," kata Rafael saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2023).

Dia bahkan mencoba meyakinkan dengan meminta jurnalis liputan6.com untuk langsung bertanya kepada mantan bawahannya, kalau dia memang tidak mempunyai pergaulan artis.  

"Anda bisa melihat nanti ke beberapa pegawai yang menjadi bawahan saya. Saya sama sekali enggak bergaul di lingkungan artis,” ucap ayah dari Mario Dandy ini. 

Sementara itu, KPK mengaku sudah menerima adanya informasi adanya koneksi Rafael Alun dengan artis berinisial R. Namun, lembaga antirasuah ini masih mendalaminya. 

Masih kami dalami apakah inisial R itu siapa. Apakah itu huruf depannya, di tengah, atau di ujung," ujar Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di Gedung KPK, Kamis (30/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Artis R, Si Orang Kaya Baru

Adanya keterlibatan artis R ini sebelumnya diungkap  Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), dia mengatakan bahwa artis inisial R itu diduga terlibat dalam dugaan tindak pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo.

Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja Rp170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," katanya seperti dikutip dalam unggahan akun Instagram @lambe_turah pada Kamis (30/3/2023).

"Inisialnya orang kaya baru Ini adalah R," sambungnya.

Lebih lanjut, Iskandar mengatakan bahwa artis inisial R itu sangat dikenal dan tinggal di Jakarta.

"R tersebut laki-laki, orang kaya baru, di data kami disebut 'orang kaya baru'. Di Jakarta tinggalnya, sangat dikenal," ujarnya.

Meski belum diketahui secara pasti siapa sosok R yang dimaksud itu, Iskandar Sitorus mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati lantaran di luar sana, banyak yang terlihat seperti terhormat, namun kenyataannya tidak sebaik yang ditampilkan.

"Kami hanya mengingatkan bahwa banyak yang terlihat seakan-akan terhormat, sejatinya dia adalah merampas kehormatan uang rakyat yang ditilep koruptor," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.