Sukses

Mudik Lebaran 2023, Polri Sebut Jawa Tengah Jadi Daerah Paling Banyak Dituju Pemudik

Meski begitu, untuk asal pemudik lebaran 2023 paling tinggi berada di wilayah Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Penegakkan Hukum (Dir Gakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, daerah yang paling banyak dituju oleh masyarakat pada mudik lebaran 2023 nanti yakni Jawa Tengah.

Hal ini dikatakan dalam Dialog Publik dengan tema 'Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang mudik Lebaran 2023'.

"Daerah tujuan terbanyak Jawa Tengah. Perjalanan ke Jawa Tengah akan lebih banyak nantinya baik darat maupun lainnya. Pada akhirnya, melalui darat juga. Naik pesawat nanti gunakan sarana jalannya juga," kata Aan di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Meski begitu, untuk asal pemudik paling tinggi berada di wilayah Jawa Timur. Hal ini berdasarkan pada pengalaman tahun lalu.

"Jabodetabek ke arah timur maupun Barat, karena capai 18 juta berencana mudik tahun ini. Ada mobil pribadi 27juta, bus 22 jt, mobil sewa 9 juta artinya 50 persen lebih pemudik sangat potensial gunakan jalan tol," sebutnya.

"Pasti dari Jabodetabek kendaraan pribadi, sewa, maupun bus ini sangat potensial nantinya gunakan jalan tol sebagai sarana," sambungnya.

Menurutnya, saat ini sudah jarang sekali masyarakat yang memakai kendaraan pribadi menggunakan jalur arteri seperti Pantau Utara (Pantura) dan Pantau Selatan (Pansela).

"Karena perilaku pemudik ingin cepat sampai ke tujuannya, otomatis 50 persen lebih pemudik yang gunakan kendaraan pribadi, bus maupun sewa akan gunakan jalan tol sebagai sarana," ungkapnya.

"Ini perlu kesiapan dari pengelola jalan tol, stakeholder terkiat untuk antisipasi lonjakan angka pemudik," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Mudik Lebaran Diperkirakan 18-21 April

Korlantas Polri mulai melakukan sejumlah persiapan untuk memastikan arus lalu lintas selama bulan Ramadhan 1444 H berjalan aman dan lancar, khususnya jelang arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi mulai terjadi sejak 18 April 2023.

Disebutkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah mengusulkan cuti bersama Lebaran dimajukan tanggal 19 April 2023, sehingga diprediski arus mudik sudah akan dipadatkan kendaraan pada 18 April 2023 malam.

"Kemarin Pak Menhub sudah mengusulkan cuti bersama dimajukan tanggal 19, jadi kita prediksi pada 18 malam ini sudah mulai ada kepadatan, ada peningkatan sampai tanggal 21 atau H-1, ini untuk kalau yang Lebarannya 22, yang Lebarannya 21 akan pulang sebelum 21. Jadi kita prediksi antara 18 sampai 21 untuk arus mudik,” tutur Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/3/2023).

Adapun diprediksi daerah tujuan pemudik Lebaran 2023 sebagai berikut:

  • Jawa Barat 16,73 persen atau 20,72 juta orang
  • Jawa Tengah 26,45 persen atau 32,65 juta orang
  • Jawa Timur 19,87 persen atau 24,6 juta orang.

Sedangkan untuk arus balik, diprediksi ada dua gelombang. Yang pertama adalah 25 April 2023.

"Kemudian arus kembalinya atau arus baliknya kemungkinan di tanggal 25 untuk gelombang pertama. Ada dua gelombang kemungkinan untuk arus balik ini, karena 1 Mei itu tanggal merah. Prediksi yang kedua 30 April gelombang kedua arus balik," ungkap Aan.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.