Sukses

Bakal Pindah IKN, Pemprov DKI Siap Beri Kejutan di Perayaan HUT RI Terakhir di Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memberikan kejutan bagi warga Ibu Kota sebagai bagian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memberikan kejutan bagi warga Ibu Kota sebagai bagian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2023 mendatang.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan kejutan itu akan hadir di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia (HI). Namun, Heru belum mau menyampaikan secara rinci bentuk kejutan yang dimaksud.

"Di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, nanti ada sesuatu yang menarik. Belum bisa saya beri tahukan," kata Heru usai memimpin rapat persiapan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Menurut Heru akan ada sejumlah rangkaian acara yang bakal digelar jelang peringatan upacara HUT kemerdekaan RI itu dimulai sejak awal Agustus 2023. Kejutan itu, kata dia direncanakan terbuka untuk masyarakat secara umum.

"Ini surprise, nanti mulai tanggal 15 Agustus ke atas, di minggu pertama, ada sesuatu yang dapat dilihat masyarakat pada malam hari. Ini terbuka untuk umum," kata dia.

Heru menyampaikan bahwa pada perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Pemprov DKI akan berkontribusi mulai dari persiapan hingga pelaksanaan rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI yang akan digelar mulai dari tanggal 1 hingga 30 Agustus 2023 itu.

"Kontribusi Pemprov DKI banyak untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Ada kegiatan hiburan di Monas, bikin panggung, food truck di sekitaran Monas, dan memfasilitasi 38 provinsi untuk parade, dan akan ada acara di Bundaran Hotel Indonesia," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan

Kepala Sekretariat Presiden ini menuturkan rangkaian acara perayaan HUT Kemerdekaan yang direncanakan cukup banyak, di antaranya meliputi kegiatan zikir nasional, pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), renungan malam, dan acara puncak upacara HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus, hingga acara atau kegiatan tambahan lainnya.

Oleh sebab itu, Heru meminta seluruh jajaran Pemprov DKI dapat mengantisipasi keamanan dan ketertiban selama rangkaian acara HUT Kemerdekaan dilaksanakan, terutama kegiatan yang akan memakai jalur jalan kendaraan bermotor agar tidak mengganggu mobilitas warga di jalan.

"Harus dihitung bagaimana menutup jalur jalannya, dihitung kemacetannya sampai bundaran Hotel Indonesia, lalu rute Transjakarta harus dialihkan ke mana. Semuanya harus dipikirkan dengan baik, agar tidak merugikan masyarakat," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.