Sukses

Mendag Jamin Stok Kebutuhan Bahan Pokok Selama Ramadan Cukup dan Banyak

Kementerian Perdagangan menjamin stok kebutuhan bahan pokok selama Ramadan cukup dan banyak untuk masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan menjamin kenaikan harga kebutuhan pokok di Ramadan dan menjelang lebaran terkendali. Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga mengatakan bahwa kondisi barang saat ini cukup dan tersedia.

"Jadi bapak atau ibu yang melaksanakan puasa, barang kebutuhan bahan pokok cukup, stoknya banyak," katanya pada Inspirato Sharing Session Liputan6.com, Kamis (30/3/2023).

Zulhas pun mengungkapkan bahwa pada bulan suci Ramadan, terjadinya kenaikan harga merupakan hal yang biasa. Menurutnya, dengan stok bahan pokok yang cukup dan tersedia tersebut, kenaikan harga bisa dikendalikan.

"Akan tetapi, naiknya harga kebutuhan bahan pokok akan kita (Kemendag) kendalikan agar tidak melebihi kemampuan daya beli masyarakat," jelasnya.

Mendag menjelaskan bahwa setiap lebaran, permintaan pasti akan naik banyak dan berdasarkan hukum dagang, harga otomatis akan naik.

"Tapi yang penting, stoknya cukup, stoknya berlebih, dan kenaikan harga itu bisa dikendalikan," tegasnya.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan kondisi harga kebutuhan pokok selama Ramadan dan menjelang lebaran serta bagaimana strategi Kementerian Perdagangan dalam mengendalikan kenaikan harga kebutuhan pokok, bisa saksikan Inspirato Sharing Session Liputan6.com di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.