Sukses

Eks Ketum MUI Ali Yafie Tutup Usia, Anies Baswedan: Selamat Jalan Panutan Kita

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat melayat ke rumah duka almarhum Eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) Ali Yafie di Komplek Menteng Residence, Jalan Menteng V Blok FC 15, Nomor 12, Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat melayat ke rumah duka almarhum Eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) Ali Yafie di Komplek Menteng Residence, Jalan Menteng V Blok FC 15, Nomor 12, Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Melalui akun Twitter pribadinya, dia mengucapkan duka mendalam atas wafatnya almarhum.

“Keabadian hanya milik Allah. Meski demikian, begitu terhenyak saat mendengar kabar KH Ali Yafie wafat. Langsung terdiam dan membacakan alfatihah untuk beliau,” tutur Anies lewat cuitan @aniesbaswedan seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (26/2/2023).

Anies membagikan foto almarhum Ali Yafie berpakaian putih yang tengah tersenyum. Dalam unggahannya, tampak pula momen dirinya sedang menyolatkan di rumah duka.

“Selamat jalan panutan kita semua. Lahu alfatihah,” kata Anies.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melayat atau takziah ke rumah duka mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) Ali Yafie di Komplek Menteng Residence, Jalan Menteng V Blok FC 15, Nomor 12, Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Bersama istrinya yakni Wury Ma'ruf Amin, dia mengenang sosok almarhum yang berilmu dan santun.

Ma’ruf mengungkapkan rasa duka cita mendalam kepada keluarga almarhum serta memimpin pembacaan tahlil dan doa.

"Mudah-mudahan amal ibadahnya diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala, kesalahan dan kekurangan dimaafkan, di tempat yang layak di sisi-Nya, termasuk kita umat Islam ditinggalkan beliau juga sangat kehilangan," tutur Ma’ruf di rumah duka, Tangerang Selatan, Minggu (26/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok yang Patut Dijadikan Teladan

Menurut Ma’ruf, sosok Ali Yafie merupakan tokoh yang patut menjadi teladan seluruh anak bangsa. Baginya, almarhum merupakan senior yang memiliki kelimuan menyeluruh.

“Beliau ini guru saya, senior saya. Bagi saya beliau itu seorang yang banyak ilmunya, tidak hanya menyangkut keagamaan, tapi juga kebangsaan,” kenangnya.

Selain sangat berpegang pada ajaran agama, lanjut Ma’ruf, kiai Ali Yafie sangat terkenal dengan sidat santun dan lemah lembutnya.

"Beliau senantiasa memberikan bimbingannya dengan cara yang santun dan rasional, yang sangat teguh berpegang pada ajaran agama. Beliau bisa begaul dengan siapa saja dan mampu berkomunikasi dengan segala lapisan. Orang baik dan patut diteladani dalam banyak hal," Ma’ruf menandaskan.

Diketahui, Ma’ruf Amin sempat menjenguk Ali Yafie saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Premiere Bintaro pada 16 Februari 2023. Saat itu, almarhum masih dapat merespons kehadiran Wapres dengan senyum hangat.

Hadir di kediaman Ali Yafie sejumlah tokoh yang melayat. Seperti Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Sinta Nuriyah Wahid, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Anies

  • Ali Yafie