Sukses

Viral Kisah Cinta LDR Pria India Kandas saat Hendak Lamaran di Wajo, Simak Tips Long Distance Relationship

Seorang pria asal Uttar Pradesh, India bernama Asib Ali Bhore kini viral di dunia maya karena kisah cinta LDR atau long distance relationship yang berakhir tragis.

Liputan6.com, Wajo - Seorang pria asal Uttar Pradesh, India bernama Asib Ali Bhore kini viral di dunia maya karena kisah cinta LDR yang berakhir tragis.

Pria tersebut gagal melamar pujaan hatinya, padahal sudah melakukan perjalanan jauh dari India ke Desa Rumpia, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rahman mengatakan bahwa Asib Ali Bhore tiba di Kota Sutera, julukan Kabupaten Wajo, pada Jumat (17/2/2023) malam. Asib Ali Bhore pun dimintai keterangan oleh pihak Polsek Majauleng.

Asib Ali Bhore menjelaskan dia sengaja datang untuk menemui gadis pujaan hatinya yang telah menjalin hubungan jarak jauh dengan dirinya. Sayangnya kedua orang tua Syarifa Khaerunnisa dengan tegas menolak anaknya dipinang oleh Asib Ali Bhore.

Arti LDR

LDR sendiri merupakan singkatan dari Long Distance Relationship, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Hubungan Jarak Jauh. LDR merujuk pada hubungan pasangan yang secara geografis terpisah satu sama lain karena jarak.

Terbilang mudah untuk dipahami, namun nyatanya ada makna dalam yang perlu dipahami saat ingin memahami apa arti LDR dalam upaya mempertahankan suatu hubungan. LDR memerlukan kesabaran dan kepercayaan dari kedua belah pihak, serta komunikasi yang dijaga dengan baik oleh keduanya.

Berikut ini tips cara menjaga hubungan LDR agar tetap awet yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

12 Cara Menjaga Hubungan Long Distance Relationship Tetap Awet

Rentannya hubungan yang dijalani dengan LDR membuat banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka. Namun, sebelum hal tersebut terjadi, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan jarak jauh yang anda jalani dapat berhasil. 

1. Hindari komunikasi yang berlebihan.

Tidak bijaksana untuk menjadi terlalu ketat dan posesif. Kalian berdua tidak benar-benar harus berkomunikasi 12 jam sehari untuk menjaga hubungan tetap berjalan. Banyak pasangan berpikir bahwa mereka perlu mengkompensasi jarak dengan melakukan lebih banyak. Ini tidak benar. Dan itu mungkin hanya memperburuk keadaan. 

2. Lihat LDR sebagai peluang.

Jika kamu ingin hidup bersama, pertama-tama kamu harus belajar bagaimana hidup terpisah. Anggap itu sebagai perjalanan pembelajaran bagi anda berdua. Ini adalah kesempatan bagi anda untuk membuktikan cinta anda satu sama lain. Menurut pepatah Cina, "Emas asli tidak takut dengan ujian api." Alih-alih berpikir bahwa hubungan jarak jauh ini membuat anda berdua terpisah, anda harus percaya bahwa melalui pengalaman ini, anda berdua akan semakin terikat bersama.

3. Tetapkan beberapa aturan dasar untuk mengelola ekspektasi anda.

Anda berdua harus jelas dengan apa yang anda harapkan satu sama lain selama hubungan jarak jauh ini. Tetapkan beberapa aturan dasar sehingga tidak satu pun dari anda akan melakukan hal-hal yang akan mengejutkan pihak lain.

4. Cobalah berkomunikasi secara teratur, dan kreatif.

Saling menyapa “selamat pagi” dan “selamat malam” setiap hari adalah suatu keharusan. Selain itu, cobalah untuk memperbarui pasangan anda tentang kehidupan anda dan kejadiannya, betapapun hal-hal yang mungkin tampak biasa. Selain itu anda juga bisa saling mengirim gambar, klip audio dan video pendek dari waktu ke waktu. Dengan melakukan upaya semacam ini, anda membuat pasangan anda merasa dicintai dan diperhatikan.

5. Hindari situasi "berbahaya".

Jika anda sudah tahu bahwa pergi ke klub atau pergi minum dengan teman-teman anda larut malam akan membuat pasangan anda tidak senang, maka anda harus 

a. Tidak melakukannya atau 

b. Beri tahu pasangan anda sebelumnya untuk meyakinkan mereka.

Anda tidak boleh membiarkan hal semacam ini berlalu begitu saja karena itu hanya akan membuat pasangan anda sangat khawatir atau curiga, dan tentu saja, sangat kesal karena mereka akan merasa tidak berdaya atau tidak memiliki kendali atas situasi tersebut.

6. Lakukan berbagai hal bersama.

Main game online bersama. Nonton film dokumenter secara bersamaan di YouTube atau aplikasi nonton streaming. Bagikan lagu di Skype sementara yang lain memainkan gitar. Melakukan panggilan video satu sama lain dan jalan-jalan bersama. Bersama-sama, pergi berbelanja online dan saling memberikan hadiah adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan bersama pasangan secara online.

 
 
3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Awet

7. Lakukan hal serupa.

Merekomendasikan buku, acara TV, film, musik, berita, dan lain sebagainya satu sama lain. Saat anda membaca, menonton dan mendengarkan hal yang sama, anda memiliki lebih banyak topik yang sama untuk dibicarakan. Bahkan jika anda tinggal terpisah, akan tetap menyenangkan memiliki beberapa pengalaman bersama.

8. Nikmati waktu sendiri bersama teman dan keluarga.

Anda sendirian, tetapi anda tidak kesepian kecuali anda memilih untuk merasakannya. Anda tidak harus membiarkan dunia anda berputar di sekitar pasangan anda, karena anda masih memiliki teman dan keluarga. Luangkan waktu ini untuk berbuat lebih banyak dengan teman dan keluarga anda.

9. Tetap jujur ​​satu sama lain.

Bicarakan tentang perasaan takut, tidak aman, cemburu dan ketidakpastian. Jika anda mencoba menyembunyikan sesuatu dari pasangan anda, rahasia itu cepat atau lambat akan menelan anda dari dalam. Jangan mencoba menangani semuanya sendiri. Terbuka dan jujur ​​satu sama lain. Biarkan pasangan anda membantu anda dan memberi anda dukungan yang anda butuhkan. Lebih baik melihat masalah pada tahap awal daripada hanya mengungkapkannya ketika semuanya sudah terlambat.

10. Mengetahui jadwal masing-masing.

Sangat membantu untuk mengetahui kapan orang lain sibuk dan bebas. Sehingga anda dapat menjatuhkan teks atau melakukan panggilan pada waktu yang tepat. Anda tidak ingin mengganggu pasangan anda saat mereka berada di tengah kelas atau di tengah pertemuan bisnis. Pastikan anda mengetahui peristiwa kecil dan besar setiap orang dalam hidup mereka, misalnya, ujian tengah semester dan ujian perguruan tinggi, perjalanan dan rapat bisnis penting, wawancara kerja dan lain sebagainya.

11. Tetap positif.

Anda perlu terus menyuntikkan energi positif ke dalam hubungan jarak jauh agar tetap hidup. Ya, penantian memang menyakitkan, dan terkadang anda merasa kesepian, tetapi anda perlu mengingatkan diri sendiri bahwa buah pada akhirnya akan semanis surga. Salah satu trik bagus untuk tetap positif adalah selalu bersyukur. Bersyukurlah bahwa anda memiliki seseorang untuk dicintai dan seseorang yang juga mencintai anda kembali.  

12. Saling memberi kabar terbaru tentang teman dan keluarga masing-masing.

Ini akan membantu anda berdua untuk mengetahui budaya dan nilai masing-masing. Mengetahui kebiasaan kecil satu sama lain membantu dalam mengembangkan pemahaman dan membangun rasa saling percaya. Berbicara tentang keluarga dan teman memberi anda lebih banyak hal untuk dibicarakan. Hal terbaik untuk dibicarakan adalah gosip dan skandal.

Sumber: Hot Liputan6.com
Penulis: Woro Anjar Verianty
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.