Sukses

Variabel Penting Bagi Kemajuan Daerah, Sekjen Kemendagri: Kepemimpinan Kawan-kawan di Daerah

Di tengah penerapan sistem otonomi daerah yang menyerahkan sejumlah urusan pemerintahan konkuren kepada daerah. Sehingga daerah memiliki kewenangan lebih luas untuk mengatur berbagai urusan pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menyampaikan kepemimpinan kepala daerah menjadi variabel penting dalam mendukung kemajuan suatu daerah. Apalagi di tengah penerapan sistem otonomi daerah yang menyerahkan sejumlah urusan pemerintahan konkuren kepada daerah. Sehingga daerah memiliki kewenangan lebih luas untuk mengatur berbagai urusan pemerintahannya.

“Dengan besarnya kewenangan yang diberikan yang diserahkan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, maka hari ini kemajuan republik ini ditentukan variabel, variabel yang paling penting adalah kepemimpinan kawan-kawan di daerah,” terang Suhajar saat memberikan arahan sekaligus membuka Sosialisasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2023 di Gedung F Kantor Pusat Kemendagri, Rabu (8/2/2023).

Suhajar mencontohkan sejumlah urusan yang telah dibagi antara pemerintah pusat dan daerah. Seperti di bidang pendidikan yang tidak hanya tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan kemajuan pendidikan di daerah banyak bergantung terhadap kinerja pemerintah daerah (Pemda). Kemudian, pemda juga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional termasuk pengendalian inflasi. 

Oleh karena itu, Suhajar mengatakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selalu mendorong Pemda agar turut berupaya mengendalikan inflasi. Pasalnya, keberhasilan pengendalian inflasi merupakan akumulasi kinerja antara pemerintah pusat dan Pemda. Termasuk tingkat inflasi secara nasional yang merupakan penjumlahan dari inflasi seluruh daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Penting untuk Tumbuhkan Ekonomi

Dalam kesempatan itu, Suhajar juga menjelaskan sejumlah langkah yang perlu diperhatikan Pemda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Misalnya, menjaga iklim usaha yang kondusif, salah satunya dengan mempertimbangkan ketentuan pajak yang bakal dikenakan kepada pelaku usaha. 

Dia menegaskan, sektor swasta berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi termasuk di daerah. Dengan tumbuhnya sektor swasta, maka jumlah pendapatan asli daerah (PAD) turut meningkat.

Suhajar mengatakan, belanja yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hanya bersifat stimulan untuk mendukung tumbuhnya ekonomi di sektor lainnya. Karena itu, keberadaan pelaku usaha perlu didukung. 

“Karena untuk memajukan sebuah daerah, ukurannya bukan di APBD tapi di produk domestik regional bruto atau sering disebut PDRB. Berapa jumlah barang-barang dan jasa yang dihasilkan orang di daerah Bapak/Ibu? Itulah sebenarnya yang bisa kita tentukan apakah ekonomi bergerak atau tidak,” tandas Suhajar.

Lebih lanjut, Suhajar menekankan agar APKASI Otonomi Expo 2023 dapat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah masing-masing seperti meningkatkan nilai perdagangan dan menghitung dampak yang diberikan tersebut.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini