Sukses

Langkah Kejati Sulsel Tetapkan Adik Mentan Tersangka Korupsi PDAM Makassar Tuai Pujian

Kejati Sulsel telah menetapkan Haris Yasin Limpo yang juga adik Mentan Sahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka kasus korupsi PDAM Kota Makassar. Penetapan ini menambah daftar panjang pejabat daerah yang diduga terlibat korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan mengapresiasi kinerja Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) yang berani menetapkan adik Mentan SYL, HYL jadi tersangka terkait kasus korupsi PDAM Kota Makassar, . Ia berharap Kejaksaan terus mendalami kasus ini.

"Agar kasus tersebut menjadi terang benderang, Kejati Sulsel harus memperdalam penyelidikan terkait siapa saja yang terlibat termasuk memperdalam bagaimana modus operandi korupsinya,” kata Yusak.

Kejati Sulsel telah menetapkan Haris Yasin Limpo yang juga adik Mentan Sahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka kasus korupsi PDAM Kota Makassar. Penetapan ini menambah daftar panjang pejabat daerah yang diduga terlibat korupsi.

Dekan FISIP Universitas Sutomo tersebut, mengatakan, PDAM merupakan sektor strategis yang menguasai hajat hidup orang banyak. Sehingga, semestinya bisa dikelola profesional berbasis pelayanan publik prima kepada masyarakat.

"Kasus yang merugikan negara Rp 20 miliar tersebut juga merefleksikan buruknya tata kelola PDAM sebagai perusahaan atau unit usaha milik daerah," kata Yusak.

Ia berpendapat, terjadinya banyak korupsi di BUMD salah satu akar persoalannya berasal dari mekanisme dan seleksi direksi. Termasuk, Yusak menekankan, seleksi orang-orang yang menjadi dewan pengawas yang dilakukan secara tidak transparan.

Pada 2015 lalu, saat diangkat menjadi Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Haris Yasin Limpo memang pernah mendapatkan protes dari berbagai kalangan, termasuk lembaga anti korupsi. Saat itu, pemkot Makassar dianggap tidak transparan.

Terutama, lanjut Yusak, dalam assesment empat perusahaan daerah, termasuk PDAM Makassar. Ia menilai, jabatan-jabatan strategis di BUMD sering diisi politisi sebagai politik balas budi ketika mereka mendukung kepala daerah yang menang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Identitas Tersagka

Sehari setelah mengumumkan identitas para tersangka, Tim Penyidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) memeriksa intensif Wali Kota Makassar, Moh. Romdhan Pomanto dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan anggaran di lingkup Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

"Pak Danny (Moh. Romdhan Pomanto) diperiksa sebagai saksi," singkat Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel, Soetarmi via pesan singkat whatsapp, Kamis (13/4/2023).

Dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan anggaran tepatnya penggunaan dana PDAM Makassar untuk pembayaran tantiem dan bonus/ jasa produksi Tahun 2017 hingga 2019 itu, Kejati Sulsel telah menetapkan dua orang tersangka yakni Haris Yasin Limpo yang diketahui sebagai mantan Direktur Utama PDAM Kota Makassar dan Iriawan Abdullah yang merupakan mantan Direktur Keuangan PDAM Kota Makassar.

Kasus korupsi yang menjerat adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Haris Yasin Limpo beserta rekannya, Iriawan Abdullah tersebut, bermula pada Tahun 2016 hingga 2019. Di mana dalam 4 tahun tersebut, PDAM Kota Makassar mendapatkan laba dan untuk menggunakan laba tersebut dilakukan rapat direksi yang disetujui oleh dewan pengawas dan kemudian ditetapkan oleh Wali Kota Makassar.

Adapun prosedur untuk permohonan penetapan penggunaan laba dari direksi kepada Wali Kota Makassar melalui dewan pengawas sampai dengan pembagian laba tersebut, seharusnya melalui pembahasan atau rapat direksi kegiatan itu tercatat atau dicatat dalam notulensi rapat. 

Namun faktanya, sejak 2016 hingga 2018 tidak pernah dilakukan pembahasan rapat oleh direksi baik terkait permohonan penetapan penggunaan laba hingga pembagian laba serta tidak dilakukannya pencatatan (notulensi) sehingga tidak terdapat risalah rapat. Melainkan pengambilan keputusan oleh direksi hanya berdasar pada rapat per-bidang. Diantaranya jika tentang keuangan, maka pembahasan tersebut hanya terdiri dari Direktur Utama dan Direktur Keuangan PDAM Kota Makassar.

"Meskipun PDAM Kota Makassar mendapatkan laba, seharusnya PDAM Kota Makassar memperhatikan adanya kerugian dalam hal ini kerugian akumulasi sejak berdirinya PDAM Kota Makassar sebelum mengusulkan untuk menggunakan laba," ucap Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sulsel, Yudi Triadi dalam konferensi pers penetapan tersangka korupsi penggunaan dana PDAM Kota Makassar untuk pembayaran tantiem dan bonus/ jasa produksi Tahun 2017 hingga 2019 di Kantor Kejati Sulsel, Rabu 12 April 2023.

Kedua tersangka yakni Haris Yasin Limpo dan Iriawan Abdullah, kata Yudi, tidak mengindahkan aturan Permendagri No. 2 Tahun 2007 Tentang Organ dan Kepegawaian PDAM, Perda No. 6 Tahun 1974 dan PP 54 Tahun 2017 karena beranggapan bahwa pada Tahun berjalan kegiatan yang diusahakan memperoleh laba sedangkan akumulasi kerugian bukan menjadi tanggungjawabnya melainkan tanggungjawab direksi sebelumnya sehingga mereka berhak untuk mendapatkan untuk pembayaran tantiem dan bonus/ jasa produksi yang merupakan satu kesatuan dari penggunaan laba yang diusulkan.

Pada kedua aturan tersebut yakni Perda No. 6 Tahun 1974 dengan PP 54 Tahun 2017, terdapat perbedaan besaran penggunaan laba. Perda No. 6 Tahun 1974 dengan PP 54 Tahun 2017 khususnya pembagian tantiem untuk direksi sebesar 5 persen dan bonus pegawai 10 persen. Sedangkan pada PP 54 Tahun 2017 pembagian tantiem dan bonus hanya 5 persen, sehingga aturan tersebut tidak digunakan untuk pembayaran penggunaan laba.

Tak hanya itu, dari hasil penyidikan kasus korupsi pengelolaan anggaran lingkup PDAM Kota Makassar tersebut, lanjut Yudi, ditemukan ada premi asuransi dwiguna jabatan bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar pada asuransi AJB Bumiputera yang diberikan berdasarkan perjanjian kerjasama antara PDAM Kota Makassar dengan Asuransi AJB Bumiputera, namun tersangka berpendapat lain tanpa memperhatikan aturan perundang- undangan bahwa Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagai pemilik modal ataupun KPM tidak dapat diberikan asuransi tersebut, oleh karena yang wajib diikutsertakan adalah pegawai BUMD pada program jaminan kesehatan, jaminan hari tua dan jaminan sosial lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Sehingga pemberian asuransi jabatan bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota tidak dibenarkan dengan dasar bahwa selaku pemilik perusahaan daerah/ pemberi kerjalah yang berkewajiban untuk memberikan jaminan kesehatan bukan sebagai penerima jaminan kesehatan.

Dari penyimpangan yang terjadi pada penggunaan laba untuk pembagian tantiem dan bonus/jasa produksi serta premi asuransi dwiguna jabatan bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar tersebut, mengakibatkan terjadinya kerugian keuangan daerah Kota Makassar khususnya kas PDAM Kota Makassar senilai Rp20.318.611.975,60 sebagaimana hasil audit yang telah dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini