Sukses

Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Manado Hari Ini

Jokowi direncanakan akan meninjau kawasan Likupang. Agenda kemudian dilanjutkan dengan meninjau kapal Nirmala Bahari di Pelabuhan Munte, Kabupaten Minahasa Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan sejumlah agenda kerja dalam kunjungannya ke Provinsi Sulawesi Utara Kamis (19/1/2023).

Mengawali kegiatannya, dia diagendakan menuju Pasar Pinasungkulan Kota Manado, untuk menyerahkan bantuan sosial bagi para pedagang.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat  Presiden, Jokowi setelah itu akan bergerak menuju Kabupaten Minahasa Utara untuk membagikan bantuan sosial bagi para pedagang di Pasar Airmadidi.

Selanjutnya, Kepala Negara dijadwalkan untuk meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Pada siang harinya, Jokowi direncanakan akan meninjau kawasan Likupang. Agenda kemudian dilanjutkan dengan meninjau kapal Nirmala Bahari di Pelabuhan Munte, Kabupaten Minahasa Utara.

Selesai semua kegiatan, Jokowi akan kembali ke hotel tempatnya bermalam di Kota Manado untuk melanjutkan kegiatan kerja keesokan harinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangkal Banjir di Kota Manado

Sebagai informasi, pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan ini mempunyai fungsi utama mereduksi banjir di Kota Manado, serta menyediakan kebutuhan air baku di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung.

Secara teknis, bangunan ini berupa bendungan urugan random batu dengan inti tegak setinggi 67 meter, panjang puncak bendungan 420 meter dan dapat menampung volume air sebanyak 23 juta meter kubik.

Pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan dimulai sejak tahun 2016 dan akan berakhir pada tahun 2022 ini dengan total biaya pembangunan mencapai Rp1,9 triliun.

Bendungan ini terdapat potensi bangunan listrik tenaga mikrohidro sebesar 2 X 0,7 megawatt yang akan dikembangkan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.