Sukses

Kemendagri Gelar Rakornas Kepala Daerah dan Forkominda, Bahas soal Ekonomi hingga Stabilitas Politik

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengelar Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) 2023 dengan tema penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan Rakornas diikuti pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dengan rincian, 4.545 peserta dari pemerintah pusat dan 3.257 lainnya dari pemerintah daerah.

"Lebih kurang 4.545 baik dari pusat itu yaitu 239 orang, 45 pimpinan kementerian dan lembaga, 34 Sekjen dan Sekretaris Utama, 25 eselon I, 27 pejabat eselon I Kemendagri dan BNPP, 97 pejabat eselon II Kemendagri, Pimpinan Satkes eselon III, dan 8 Kepala Pos Lintas Batas Negara Nasional," kata Tito.

Sementara itu, dari pemerintah daerah sebanyak 3.257 orang yaitu 38 Gubernur dan Pj Gubernur, 1 Wali Nangroe Aceh Darussalam, Ketua MRP, Ketua MRPB, dan sekaligus Forkominda di daerah masing-masing, 34 DPRD Provinsi, 514 Bupati/Wali Kota dan Penjabat Bupati/Wali Kota.

Lalu, 508 DPRD Kabupaten/Kota, 128 Pimpinan TNI, 34 Kapolda, 33 Kajati, 34 Kabinda, 29 Kepala Perwakilan Bank Indonesia di provinsi, 514 unsur pimpinan setingkat Kapolres, Kapoltabes, 344 Dandim, 438 Kepala Kejaksaan Negeri, 58 Danlanal, 34 Kepala BPKP, dan 514 BPS dari seluruh Kabupaten/Kota.

Tito mengatakan Rakornas dengan tema penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi dibagi ke dalam empat panel dan bakal berlangsung hingga pukul 17.00 WIB mendatang.

Pada panel satu tentang pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi akan diisi oleh Menteri Perekonomian, Kepala Badan Pusat Statistik, Gubernur Bank Indonesia, dan Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, dan Kepala Badan Pangan Nasional sebagai pembicara.

 

2 dari 2 halaman

Panel Selanjutnya

Panel dua, penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudian perizinan berusaha dengan pembicara utama Menkomarves dan Menteri Investasi yang hadir secara daring karena sedang berada di Davos, Swiss.

"Tugas negara di Swiss namun beliau nanti akan secara online, juga Menteri Investasi Pak Bahlil yang juga sedang di Davos juga akan online jam empat pagi di sana," kata dia.

Selain itu, pada panel dua juga akan ada Menpan-RB, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Menteri Agraria, dan Menteri Tata Ruang sebagai pembicara.

Sedangkan panel tiga bakal membahas penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan, dan jaringan pengamanan sosial dengan pembicara utama Menko PMK, Menkes, Mensos, Menaker, dan Bupati Sumedang.

Terakhir, panel keempat akan dibahas stabilitas politik, hukum, keamanan, dan pengawasan dengan pembicara utama Menkopolhukam, Badan Intelejen Negara, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BPKP, dan Panglima TNI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.