Sukses

Viral Asap di Kawasan Pintu Masuk 5 GBK, Polisi: Bukan Gas Air Mata, tapi Flare

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, asap putih berasal dari flare yang diduga sengaja dinyalakan oleh oknum suporter.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah suporter sepak bola panik melihat asap putih pekat di akses masuk kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Momen diabadikan via telepon genggam dan viral di media sosial. Perekam video menyebut asap putih berasal dari gas air mata.

Terkait hal ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengklarfikasi, pihaknya telah mengecek langsung ke lokasi.

"Itu bukan gas air mata, tapi flare. Kita sudah cek ke sana," kata Zulpan kepada wartawan, Jumat (6/1/2023).

Zulpan menerangkan, flare diduga sengaja dinyalakan oleh oknum suporter. Zulpan mengimbau kepada para suporter untuk sama-sama menjaga kondusivitas selama pertandingan berlangsung.

"Flare itu tidak boleh. Kan, mengganggu juga ya. Kita imbau juga agar penonton jaga suportivitas. Kita jadi tuan rumah yang baik. Apalagi itu kan di area jalan raya, mengganggu arus lalu lintas," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Viral

Rekaman video berdurasi 20 detik memperlihatkan suasana di Pintu 5 GBK, tepat di dekat FX Sudirman. Seorang suporter menunjukkan ada asap putih di udara.

Berbarengan, dengan datangnya rombongan polisi yang sedang mengawal bus. Beberapa orang di areal itu pun menjauh dari asap tersebut termasuk perekam video.

"Gas air mata, gas air mata," kata perekam seperti dikutip, Jumat.

3 dari 3 halaman

Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam: Suporter Kembali Padati SUGBK

Indonesia bakal segera menjamu Vietnam dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Pertandingan ini diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, duo kesebelasan memang dikenal sebagai rival bebuyutan di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Timnas Indonesia pernah menahan imbang Vietnam saat melakoni duel penyisihan grup Piala AFF edisi lalu. Namun tak lama berselang, The Golden Stars mampu menumbangkan Skuad Garuda di SEA Games 2021.

Jelang dihelatnya duel klasik tersebut, ribuan suporter mulai memadati area Stadion Utama Gelora Bung Karno sejak pukul 15.00 WIB. Antrean panjang penonton terlihat di depan Zona 3A, jauh sebelum dimulainya kick-off babak pertama Indonesia vs Vietnam.

Seperti pertandingan-pertandingan terdahulu, penonton yang datang pun hadir mengenakan atribut lengkap bernuansa Timnas Indonesia. Kebanyakan dari mereka mengenakan jersey, serta beberapa di antaranya memakai ikat kepala.

Tak ada tanda-tanda gesekan antara suporter dengan tim lawan, seperti di duel kontra Thailand. Aparat keamanan memang telah diturunkan untuk mengawal bus yang mengangkut penggawa Timnas Vietnam serta Indonesia saat hendak memasuki area SUGBK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.