Sukses

Hujan Lebat di Jakarta, Pintu Air Manggarai Siaga 3

Tinggi muka air semakin bertambah dan menjadi 765 CM dan dinyatakan siaga 3 atau waspada dengan kondisi cuaca hujan yang terus terjadi hingga pukul 16.50 WIB

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan terjadi kenaikan tinggi muka air di Pintu Air Manggarai. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang lebat sejak siang hari tadi hingga sore hari ini.

"Sumber Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Pintu Air Manggarai Waspada atau Siaga 3 pada hari ini pukul 16.50 WIB," tulis BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter Resminya, seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (4/1/2023).

BPBD menjelaskan, kronologis kenaikan terjadi secara bertahap. Pada pukul 15.00 WIB situasi masih dinyatakan normal atau siaga 4 dengan tinggi muka air (TMA) adalah 685 CM. Saat itu kondisi cuaca adalah hujan.

Namun berselang satu jam, TMA bergerak naik menjadi 720 CM dengan kondisi cuaca saat itu adalah gerimis. Namun status pintu air masih ada dalam kondisi normal atau siaga 4.

Selanjutnya, berselang 50 menit kemudian, tinggi muka air semakin bertambah dan menjadi 765 CM dan dinyatakan siaga 3 atau waspada dengan kondisi cuaca hujan.

Terdapat sejumlah wilayah yang kemungkinan terdampak dengan status waspada Pintu Air Manggarai. Wilayah tersebut adalah Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bumbu Selatan, Kota Bumbu Utara, Menteng, Petamburan dan Tomang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Sejumlah Pintu Air di Jakarta

Sebelumnya, mengutip siaran yang disampaikan via Twitter, @DinasSDAJakarta, diketahui pada Rabu 4 Januari 2023 pukul 16.00 WIB semua pintu air masih terpantau dalam status yang normal.

Pertama, para pintu air Pesanggrahan tinggi muka air adalah 90 CM dengan kondisi cuaca dilaporkan mendung. Kemudian, pintu air Angke Hulu tinggi muka air adalah 70 CM dilaporkan cuaca gerimis.

Selanjutnya, pada pintu air Manggarai tinggi muka air adalah 720 CM dengan kondisi cuaca gerimis dan Pintu Air Pulogadung dilaporkan tinggi muka air adalah 410 CM dengan kondisi gerimis.Terakhir tinggi muka air di Pintu Air Karet dengan ketinggian 390 CM dan kondisi cuaca mendung.

Untuk pintu air lainnya, seperti di Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Krukut Hulu dan Katulampa masih berada pada ketinggian muka air 100 CM. Sebagai informasi, cuaca di wilayah, baik itu di Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Utara dan Timur masing-masing dilaporkan mendung tipis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.