Sukses

Infografis Saling Serang Kubu Ferdy Sambo vs Bharada E di Persidangan

Baik Tim Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi maupun Tim Kuasa Hukum Bharada E menghadirkan sederet saksi A De Charge atau meringankan. Mereka memberikan pendapat yang dinilai akan meringankan hukuman terdakwa.

Liputan6.com, Jakarta - Persidangan kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, memasuki babak baru dalam beberapa hari terakhir. Sejak Kamis 22 Desember 2022, beberapa saksi ahli dihadirkan sejumlah terdakwa kasus Brigadir J.

Baik Tim Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi maupun Tim Kuasa Hukum Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menghadirkan sederet saksi A De Charge atau meringankan dalam rangka melakukan pembelaan atas dakwaan. Dengan kata lain, mereka memberikan pendapat yang dinilai akan meringankan hukuman terdakwa.

Kedua kubu pun saling serang dengan meminjam keterangan ahli tentang beberapa topik. Mulai dari mempersoalkan status justice collaborator atau pelaku pembongkar kasus tindak pidana tertentu yang didapat Bharada E dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK.

Hingga mempersoalkan lie detector atau alat pendeteksi kebohongan. Terutama, bisa tidaknya hasil lie detector digunakan sebagai alat pembuktian dalam perkara.

Saksi ahli dari kedua kubu juga menyinggung berat ringannya hukuman hingga kemungkinan vonis bebas. Kubu Ferdy Sambo menyebut pentingnya motif yang melatarbelakangi pelaku berbuat tindak pidana.

Di lain pihak, saksi ahli Bharada E berpendapat pelaku yang mengikuti perintah dari penguasa atau pejabat yang berwenang tak bisa dipidana. Sebab, pelaku dalam keadaan terpaksa dan dalam tekanan atasan.

Siapa saja para saksi ahli yang meringankan dari kubu Ferdy Sambo maupun pihak Bharada E? Bagaimana penjabaran saksi ahli mengenai kemungkinan vonis Ferdy Sambo dan Bharada E? Simak selangkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Saling Serang Kubu Ferdy Sambo Vs Bharada E di Persidangan

3 dari 4 halaman

Infografis Deretan Saksi Ahli Kubu Ferdy Sambo Vs Bharada E

4 dari 4 halaman

Infografis Saksi Ahli Sebut Kemungkinan Vonis Ferdy Sambo dan Bharada E

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.