Sukses

Heru Budi Temui BNPB, Sepakati Lakukan TMC Hadapi Cuaca Ekstrem di DKI Jakarta

Penanganan potensi cuaca ekstrem dengan menggunakan Tekonologi Modifikasi Cuaca bakal dipegang oleh BRIN dan TNI AU sebagai pelaksana.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyepakati bakal melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menghadapi potensi cuaca ekstrem di DKI Jakarta.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan TMC bakal dilangsungkan jelang Januari dan Februari 2023. Selain itu, kata Heru nantinya juga akan dilakukan pemetaan kembali wilayah-wilayah rawan bencana di Ibu Kota.

"Tadi kami sudah diskusi ada beberapa hal yg akan kami sikapi. Yang pertama adalah menjelang Januari dan Februari, kami nanti bersama BNPB melakukan TMC dan kemudian memetakan kembali rawan bencana," kata Heru di Studio BNPB, Jalan Pramuka, Matraman Jakarta Timur, Selasa (27/12/2022).

Kepala BNPB Suharyanto menambahkan perihal penanganan potensi cuaca ekstrem dengan menggunakan TMC bakal dipegang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan TNI AU sebagai pelaksana.

"Nanti pelaksanannya BRIN dan TNI AU, penganggarannya dari BNPB. Juga kita melaksanakan TMC, nanti mudah-mudahan ketika hujan lebat tidak mengganggu dalam proses pergantian tahun," jelas Suharyanto.

Selain TMC, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji juga menyampaikan sejumlah bentuk kerja sama yang disepakati Pemprov DKI dengan BNPB, diantaranya juga mengenai langkah pencegahan bencana di DKI Jakarta.

"Pertama adalah berkaitan dengan pembahasan teknologi modifikasi cuaca. Jadi, kami pemprov DKI Jakarta, kerja sama dengan BNPB, BRIN, TNI AU, kami akan membahas kemungkinan modifikasi cuaca apabila terjadi cuaca ekstrem di Jakarta," kata Isnawa.

"Yang kedua adalah berkaitan dengan belajar dari kejadian gempa cianjur, tentunya tadi sudah disampaikan Pak Gubernur bahwa bangunan bangunan harus kembali kita pantau, kita cek keberadaan gedung gedung bertingkat maupun gedung lainnya. Yang mungkin harus kita pantau kekuatan gedungnya," sambung Isnawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Ketangguhan Hadapi Bencana

Adapun bentuk kerja sama ketiga berkaitan dengan sinergi penanganan kebencanaan di Jakarta antara BNPB dengan BPBD. Terakhir, kerja sama yang disepakati berkaitan dengan program-program kerja sama lanjutan yang diharapkan juga bisa dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Intinya ke depan kami ingin Jakarta punya ketangguhan dalam menghadapi bencana," ucap Isnawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.