Sukses

Naik Mobil Golf dan Disambut Erick Thohir, Ma'ruf Amin Hadiri Resepsi Kaesang-Erina

Wapres Ma'ruf Amin bersama sang istri menumpangi mobil golf dari gerbang depan Pura Mangkunegaran.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama istri, menghadiri resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Diketahui, resepsi dilangsungkan pada malam ini pukul 19.00 waktu setempat di Pura Mangkunegaran.

Pantauan daring, Wapres Ma'ruf bersama sang istri menumpangi mobil golf dari gerbang depan Pura Mangkunegaran. Setibanya di lokasi acara, wakil kepala negara ini langsung disambut oleh Menteri BUMN Erickt Thohir yang mengenakan beskap hitam dan blangkon.

Diketahui, pria karib disapa ET ini adalah bagian dari panitia pelaksana acara pernikahan Kaesang dan Erina.

Seperti tamu kenegaraan lainnya, Wapres Ma'ruf juga mengenakan setelan jas hitam, kemeja putih dan mengenakan dasi. Sesampainya di depan panggung, keduanya langsung bersalaman dan berfoto dengan mempelai.

Sebelum resepsi, mempelai sudah melangsungkan prosesi ngunduh mantu. Sebelum tiba di tempat tersebut, kedua mempelai sempat dikirab dengan kereta kencana yang ditarik oleh kuda dari Loji Gandrung.

Mempelai awalnya memakai baju adat dodotan berganti menjadi baju adat mempelai jawa berwarna hitam bercorak kuning keemasan yang merupakan simbol kebijaksanaan dan kesempurnaan. Diyakini, dengan paduan warna ini maka rumah tangga pasangan suami istri yang menikah akan dilimpahkan kebijaksanaan dan kesempurnaan.

Kaesang dan Erina sudah sah menjadi pasangan suami istri. Ijab Qabul dilangsungkan di Royal Ambarukmo, Sleman Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiba di Solo, Putra Presiden MBZ Akan Hadiri Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kedatangan Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, putra dari Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Keduanya bertemu di Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, kedatangan Sheikh Khalid MBZ ke Indonesia adalah untuk mewakili ayahnya menghadiri resepsi atau syukuran pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Acara resepsi pernikahan tersebut digelar di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta.

pSaat tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed, Sheikh Khalid MBZ langsung disambut oleh Jokowi. Sheikh Khalid MBZ tampak didampingi oleh Menteri Energi PEA, Suhail bin Mohammed Al Mazrouei.

Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi dan Sheikh Khalid MBZ kemudian masuk ke dalam masjid dan melihat arsitektur serta desain interior masjid tersebut. Keduanya juga tampak berbincang dengan hangat dan akrab hingga pertemuan keduanya selesai.

3 dari 3 halaman

Sandiaga Doakan Usaha Kaesang Kian Maju Usai Menikah dengan Erina

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendoakan agar usaha Kaesang Pangarep semakin maju usai menikah dengan Erina Gudono. Dia meyakini pintu rezeki akan semakin banyak pasca menikah.

"Mudah-mudahan setelah nikah ini usahanya tambah maju karena rezekinya bertambah setelah nikah dan sebagai pengusaha saya sendiri merasakannya, ada aja rezekinya," jelas Sandiaga usai menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

"Mudah-mudahan usahanya Mas Kaesang bisa buka peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang banyak," sambung dia.

Dia pun berharap agar Kaesang dan istrinya, Erina Gudono diberikan keturunan yang saleh dan shalehah. Sandiaga mengusulkan agar Kaesang dan Erina memiliki tiga anak.

"Luar biasa tentunya di saat yang berbahagia kita mendoakan Mas Kaesang Mbak Erina sakinah mawadah warrahmah, diberikan keturunan yang saleh dan salelah," ujarnya.

Menurut dia, tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu sangat unik sebab digelar di keraton. Sandiaga menilai hal ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat yang hendak menggelar pernikahan, baik dari venue maupun makanan lokalnya.

"Tentunya uniknya ini pernikahannta digelar di keraton dan kita punya banyak keraton di wilayah nusantara. Ini menjadi inspirasi untuk wedding, untuk pernikahan dan kulinernya yang ditampilkan kuliner lokal kuliner nusantara yang hanya 2, enak dan enak banget," tutur Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.