Sukses

Tiba di Solo, Putra Presiden MBZ Akan Hadiri Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Kedatangan Sheikh Khalid MBZ ke Indonesia adalah untuk mewakili ayahnya menghadiri resepsi atau syukuran pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kedatangan Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, putra dari Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Keduanya bertemu di Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, kedatangan Sheikh Khalid MBZ ke Indonesia adalah untuk mewakili ayahnya menghadiri resepsi atau syukuran pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Acara resepsi pernikahan tersebut digelar di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta.

Saat tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed, Sheikh Khalid MBZ langsung disambut oleh Jokowi. Sheikh Khalid MBZ tampak didampingi oleh Menteri Energi PEA, Suhail bin Mohammed Al Mazrouei.

Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi dan Sheikh Khalid MBZ kemudian masuk ke dalam masjid dan melihat arsitektur serta desain interior masjid tersebut. Keduanya juga tampak berbincang dengan hangat dan akrab hingga pertemuan keduanya selesai.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu pagi tadi. Setelah itu, keduanya didampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran.

Total ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam tasyakuran ini, mulai dari menteri, pejabat negara, hingga masyarakat umum. Salah satu yang akan hadir yakni, Pangeran Arab Saudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Sampaikan Terima Kasih ke Warga yang Meriahkan Kirab Kaesang-Erina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir memeriahkan kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi. Adapun kirab dilakukan dari rumah Walikota Solo, Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaraan.

"Saya menghaturkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir dan ikut memeriahkan kirab pernikahan Kaesang dan Erina di Kota Solo hari ini," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu (11/12/2022).

Dia pun menyampaikan terima kasih atas doa dan harapan baik untuk Kaesang dan Erina. Jokowi juga meminta maaf apabila rangkaian pernikahan putra bungsunya itu mengganggu aktivitas masyarakat.

"Terima kasih atas doa dan harapan baiknya kepada kedua mempelai," ucapnya.

"Saya dan keluarga mohon maaf kepada Bapak/Ibu dan Saudara-Saudara warga Kota Solo yang hari ini aktivitasnya terganggu oleh acara ini," sambung Jokowi.

3 dari 4 halaman

Sandiaga Doakan Usaha Kaesang Kian Maju Usai Menikah dengan Erina

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendoakan agar usaha Kaesang Pangarep semakin maju usai menikah dengan Erina Gudono. Dia meyakini pintu rezeki akan semakin banyak pasca menikah.

"Mudah-mudahan setelah nikah ini usahanya tambah maju karena rezekinya bertambah setelah nikah dan sebagai pengusaha saya sendiri merasakannya, ada aja rezekinya," jelas Sandiaga usai menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaraan Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

"Mudah-mudahan usahanya Mas Kaesang bisa buka peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang banyak," sambung dia.

Dia pun berharap agar Kaesang dan istrinya, Erina Gudono diberikan keturunan yang saleh dan shalehah. Sandiaga mengusulkan agar Kaesang dan Erina memiliki tiga anak.

"Luar biasa tentunya di saat yang berbahagia kita mendoakan Mas Kaesang Mbak Erina sakinah mawadah warrahmah, diberikan keturunan yang saleh dan salelah," ujarnya.

Menurut dia, tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu sangat unik sebab digelar di keraton. Sandiaga menilai hal ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat yang hendak menggelar pernikahan, baik dari venue maupun makanan lokalnya.

"Tentunya uniknya ini pernikahannta digelar di keraton dan kita punya banyak keraton di wilayah nusantara. Ini menjadi inspirasi untuk wedding, untuk pernikahan dan kulinernya yang ditampilkan kuliner lokal kuliner nusantara yang hanya 2, enak dan enak banget," tutur Sandiaga.

4 dari 4 halaman

Ahok Doakan Kaesang dan Erina Gudono Segera Dapat Momongan

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki T jahaja Purnama atau Ahok menghadiri acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Ahok pun mendoakan agar keduanya segera diberikan momongan.

"Ya kita doakan supaya Mas Kaesang dan Mbak Erina cepat dititipkan anak-anak yang bawa manfaat, berkat ke keluarga juga bangsa dan negara," jelas Ahok di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022).

Dia pun menyampaikan selamat kepada Presiden Jokowi atas pernikahan putra bungsunya. Ahok menilai Jokowi merupakan sesesorang yang sangat diberkati.

"Ya kita ucapkan selamat ya, saya kira Pak Jokowi termasuk orang yang sangat-sangat diberkatin, ada tiga anak yang suday menikah. Saya kira tradisi begitu ya, anak-anak sudah menikah sudah beres," ujar dia.

Ahok sendiri datang didampingi sang istri, Puput Nastiti Devi. Kendati begitu, Ahok mengaku tak sempat berbincang dengan Jokowi.

"Ya kan momennya beda," ucap Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.