Sukses

Jokowi: Terima Kasih Warga yang Meriahkan Kirab Kaesang-Erina, Maaf Aktivitas Terganggu

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir memeriahkan kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir memeriahkan kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi. Adapun kirab dilakukan dari rumah Walikota Solo, Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaraan.

"Saya menghaturkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir dan ikut memeriahkan kirab pernikahan Kaesang dan Erina di Kota Solo hari ini," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu (11/12/2022).

Dia pun menyampaikan terima kasih atas doa dan harapan baik untuk Kaesang dan Erina. Jokowi juga meminta maaf apabila rangkaian pernikahan putra bungsunya itu mengganggu aktivitas masyarakat.

"Terima kasih atas doa dan harapan baiknya kepada kedua mempelai," ucapnya.

"Saya dan keluarga mohon maaf kepada Bapak/Ibu dan Saudara-Saudara warga Kota Solo yang hari ini aktivitasnya terganggu oleh acara ini," sambung Jokowi.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu pagi tadi. Setelah itu, keduanya didampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaraan.

Total ada 6.000 tamu undangan yang diperkirakan hadir dalam tasyakuran ini, mulai dari menteri, pejabat negara, hingga masyarakat umum. Salah satu yang akan hadir yakni, Pangeran Arab Saudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemeriahan Kirab

Sebelumnya, iring-iringan kereta kencana yang membawa Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Erina Gudono tiba di lokasi acara tasyakuran di Pura Mangkunegaraan Kota Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Kedatangan mereka pun disambut meriah dan penuh antusias oleh masyarakat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, rangkaian kereta kencana Kaesang dan Erina tiba di Pura Mangkunegaraan sekitar pukul 09.15 WIB dari rumah dinas Walikota Solo, Loji Gundrong. Warga pun langsung berteriak mengucapkan selamat kepada kedua mempelai itu.

"Mas Kaesang, Mbak Erina, selamat," ucap para warga saat kereta kencana melewati mereka.

Kaesang dan Erina pun tersenyum semringah sambil melambaikan tangan kepada para warga. Adapun para warga sudah mulai berdatangan ke Pura Mangkunegaraan sejak pukul 05.00 WIB pagi.

3 dari 3 halaman

20 Ribu Relawan Jokowi Meriahkan Pernikahan Kaesang-Erina

Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Bahlil Lahadalia mengatakan, 20.000 relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, memeriahkan rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Mereka datang dari Aceh hingga Papua.

"Mereka datang secara sukarela dari mulai Aceh hingga Papua. Dan kami pun senang melayani Beliau semua," ujar Bahlil di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu.

Enam+01:24VIDEO: Wejangan Ridwan Kamil Untuk Kaesang PangarepAdapun rangkaian hajatan putra bungsu Jokowi itu dijadikan sebagai Pesta Budaya. Bahlil menyebut Pesta Budaya ini juga mengajak partisipasi UMKM, abang becak, hingga para penarik andong.

"Untuk itu, masyarakat diharapkan membeli produk - produk UMKM itu. Sebanyak 400 abang becak dan andong kami ajak berpartisipasi. Seluruhnya kita libatkan," kata Bahlil.

Sementara itu, Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir menyampaikan Festival Budaya yang dilangsungkan selama rangkaian hajatan pernikahan telah berhasil menghidupkan kembali tradisi dan ritual leluhur yang telah lama tidak terlihat di masyarakat.

Salah satunya, kirab Kaesang-Erina yang berlangsung dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Solo.

"Ini budaya yang sangat jarang kita ingat, bahkan sudah puluhan tahun tidak pernah diulang. Orang sudah lama sekali tidak melihatnya," ujar Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.