Sukses

Erina Gudono Tiba di Lokasi Akad Nikah Pakai Kereta Kuda

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep melangsungkan akad nikah dengan pasangannya, Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Sang mempelai wanita, Erina Gudono pun tiba di lokasi akad nikah sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan pantauan, Erina tiba di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo dengan menggunakan kereta kuda. Erina sempat melambai-lambaikan tangan dari atas kereta kuda.

Erina tampak cantik memakai kebaya adat Jawa bewarna putih, senada dengan Kaesang Pangarep. Untuk paesnya, Erina akhirnya memilih menggunakan paes ageng Yogyakarta.

Diantar sang ibu dan kedua saudarinya, Erina masuk ke dalam gedung Agung Royal Ambarrukmo. Kaesang tampak melempar senyum saat Erina berjalan ke arahnya.

Putra bungsu Presiden Jokowi tersebut lalu menyambut kedatangan Erina dan keduanya menuju meja tempat pembacaan ijab kabul. Bertindak sebagai wali nikah Erina adalah sang kakak yakni, Allen Adam Rinaldy Gudono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mereka yang Jadi Saksi Pernikan Kaesang-Erina

Dalam akad nikah ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarga Kaesang. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina Gudono

Usai prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih". Setelah itu, dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan. Acara itu akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan, dimana sebagian besar adalah pihak keluarga.

Setelah akad, Kaesang dan Erina akan menggelar tasyakuran atau resepsi di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah pada, Minggu 11 Desember 2022. Total ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan menghadiri acara tasyakuran Kaesang-Erina.

Sejumlah menteri dan pejabat negara yang hadir dalam akad ini antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

3 dari 3 halaman

Didampingi Jokowi-Iriana, Kaesang Tiba di Lokasi Akad Nikah

Berdasarkan pantauan, Kaesang beserta keluarga tiba di lokasi akad nikah pada pukul 12.38 WIB, dengan memakai baju adat Jawa bewarna putih. Dia diapit oleh kedua orang tuanya yakni, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Dibelakang Kaesang, ada kedua kakanya yaitu, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda serta Kahiyang Ayu beserta suaminya, Bobby Nasution. Kedua keponakan Kaesang yakni, Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, dan Panembahan Al Nahyan Nasution juga ikut mengiringi Kaesang ke dalam pendopo.

Tampak Jan Ethes berdiri di depan Kaesang sambil memegang bunga. Jokowi dan Iriana lalu mendampingi Kaesang berjalan menuju meja pembacaan ijab kabul.

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dilangsungkan sebagai Festival Budaya dengan melibatkan masyarakat Solo dan sekitarnya. Tukang becak, andong, hingga pengamen jalanan akan dilibatkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir mengatakan becak dan andong akan diikutsertakan dalam rangkaian resepsi di sekitar Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran Kota Solo Jawa Tengah, Minggu 11 Desember 2022.

"Kami mengajak 400 becak dan 35 andong untuk ikut menyemarakan Festival Budaya dalam rangka pernikahan Mas Kaesang dan Mba Erina. Dengan jalan ini semua merasakan kebahagian yang dirasakan kedua mempelai," jelas Erick dikutip dari siaran persnya, Sabtu (10/12/2022).

Menurut dia, para penarik becak dan andong akan berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang. Khususnya, tamu yang tidak menggunakan bis dan tidak menginap.

"Andong dan becak yang disediakan panitia, khusus untuk mengangkut para tamu undangan terutama bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan tidak menginap di hotel," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS