Sukses

Midodareni Selesai, Jokowi Harap Ijab Kabul Kaesang-Erina Besok Berjalan Lancar

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan keluarga besar selesai menghadiri acara midodareni yang merupakan rangkaian prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Acara midodareni digelar di kediaman Erina Gudono di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022).

Midodareni sendiri merupakan prosesi atau tahapan terakhir sebelum Kaesang dan Erina melangsungkan akad nikah pada Sabtu, 10 Desember 2022. Jokowi pun berharap acara ijab kabul Kaesang dan Erina dapat berlangsung dengan baik.

"Yang paling penting, saya berdoa agar besok ijab kabul bisa berjalan dengan baik," kata Jokowi kepada wartawan usai midodareni di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022).

Setelah akad nikah, Kaesang dan Erina akan menggelar acara tasyakuran di Pura Mangkunegaraan pada Minggu, 11 Desember 2022. Jokowi juga mendoakan agar acara tersebut berjalan sesuai rencana.

"Dan nanti di Minggu tasyakuran juga berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain acara midodareni, Jokowi menyampaikan kedatangannya beserta keluarga ke kediaman Erina untuk menyerahkan seserahan serta melakukan prosesi tilik nitik.

"Tadi yang boleh menengok Mbak Erina Gudono itu hanya Bu (Iriana) Jokowi yang lainnya enggak boleh. Mas Kaesang enggak boleh dan yang semuanya enggak boleh," jelas Jokowi.

Dia enggan mengungkap apa saja seserahan yang diberikan untuk Erina Gudono. Jokowi menyebut ada banyak seserahan yang diberikan, salah satunya pisang.

"Banyak banget. Ada pisang. (Jumlah seserahan) nanti dihitung sendiri," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Wapres Khutbah Nikah

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertolak ke Yogyakarta, Jumat sore ini (9/12/2022). Ma'ruf beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin akan menghadiri prosesi pernikahan Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, dengan Erina Sofia Gudono.

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU, Ma'ruf lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada pukul 15.30 WIB.

Setelah menempuh penerbangan selama 65 menit, Ma’ruf tiba di Yogyakarta dan rencananya akan disambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pangdam IV/Diponegoro Widi Prasetijono, Kapolda DIY Suwondo Nainggolan, dan Komandan Lanud Adisutjipto Azhar Aditama beserta pendamping masing-masing.

Selanjutnya, Ma'ruf didampingi oleh Gubernur DIY beserta Ibu Gusti Kanjeng Ratu Hemas menuju Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto, KM 8, Sleman, Yogyakarta dengan berkendara mobil.

Keesokan harinya, Sabtu 10 Desember 2022, Ma'ruf diagendakan hadir pada Akad Nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Ma’ruf juga akan memberikan nasihat pernikahan kepada kedua mempelai.

Kemudian pada Minggu 11 Desember 2022, Ma’ruf juga akan menghadiri acara resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Jalan Ronggowarsito Nomor 83, Banjarsari, Kota Surakarta.

Turut mendampingi Ma’ruf dalam rombongan pesawat antara lain Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Farhat Brachma serta Ketua Baznas Noor Achmad.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS