Sukses

Keluarga Jokowi Gelar Pengajian di Rumah Pribadi Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang hari pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono, keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pengajian di rumah pribadinya di Solo, Kamis (8/12/2022).

Pantauan Liputan6.com, sejumlah anggota Paspampres tampak berjaga di akses jalan menuju kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo. Tak semua warga diperbolehkan melintas jalan menuju rumah mantan Wali Kota Solo itu.

Juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, keluarga menggelar pengajian menjelang pernikahan Kaesang dan Erina. Pengajian digelar di rumah pribadi Presiden Jokowi.

"Iya pengajian di rumah bapak," kata Gibran di Solo.

Gibran mengatakan, tidak banyak orang yang diundang dalam pengajian ini. Pengajian hanya dihadiri keluarga besar keluarga Presiden Jokowi.

"Nggak, cuma keluarga dan saudara-saudara," ucap dia.

Prosesi pengajian yang digelar di rumah Presiden Jokowi di Solo digelar secara tertutup. Para awak media hanya bisa menunggu dari seberang gang jalan menuju kediaman Presiden

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengajian Khataman Al-Qur'an Awali Rangkaian Pernikahan Kaesang-Erina

Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan calon istrinya Erina Gudono dimulai Kamis (8/12/2022). Rangkaian diawali dengan pengajian yang digelar di rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, dalam acara pengajian tersebut digelar semaan Al-Qur'an atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Pihak keluarga mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren serta para tetangga dan kerabat dekat keluarga mempelai.

Erina Gudono tampak duduk diapit oleh sang ibu Sofiatun Gudono dan kakaknya Allen Gudono. Erina tampak anggun mengenakan pakaian berwarna abu muda, lengkap dengan kain penutup kepala berwarna senada.

Pakde Erina yang mewakili pihak keluarga mengatakan khataman 30 juz Al-Qur'an dilakukan oleh 15 tim. Adapun masing-masing tim mengkhatamkan dua juz.

"Ngaji itu kita khataman, semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim, nanti satu tim itu dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu tutup doa," ujar Muhaimin.

3 dari 3 halaman

Disiapkan Air untuk Prosesi Siraman

Dalam pengajian tersebut, juga disiapkan air yang akan digunakan dalam prosesi siraman besok. Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

"Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman," ungkapnya.

"Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," sambung Muhaimin.

Selain digelar di rumah calon mempelai wanita, pengajian juga digelar di rumah calon mempelai pria di daerah Sumber, Kota Surakarta, usai salat Asar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS