Sukses

NasDem Sebut Anies Bakal Hadiri Pernikahan Kaesang - Erina di Solo

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan dikabarkan bakal menghadiri pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Jawa Tengah (Jateng).

"Pokoknya nanti Pak Anies akan datang ke Solo, menghadiri resepsi pernikahan Kaesang," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali saat dikonfirmasi, Rabu (7/12/2022).

Ali mengungkapkan, Anies akan datang ke resepsi pernikahan Kaesang dan Erina bersama keluarganya.

"Ya bersama keluarganya tentunya," ungkapnya.

Sebagai informasi, Minggu (10/12) mendatang, Kaesang Pangarep putra bungsu Jokowi akan mengakhiri masa lajangnya dengan Erina Gudono di pelaminan.

Sebanyak 150 undangan akan menghadiri acara akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Setelah itu, rangkaian acara pernikahan dilanjutkan dengan Ngunduh Mantu di Puro Mangkunegaran, dengan dihadiri sekitar 6.000 orang tamu undangan.

Tak hanya itu, ribuan personel gabungan juga bakal mengikuti gelar pasukan pengamanan jelang ngunduh mantu Kaesang Pangarep - Erina Gudono. Mereka akan dikerahkan guna mengawal pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.

Gelar pasukan digelar serentak di Kota Solo dan Yogyakarta. Total personel yang terlibat mencapai 10.800 orang dari TNI, Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PLN, Dinas Perhubungan, dan sejumlah instansi lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tamu Dilarang Pakai Batik Parang

Ribuan tamu undangan yang bakal menghadiri prosesi tasyakuran resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran dilarang memakai busana batik bermotif parang lereng. Motif tersebut dilarang dipakai istana kadipaten tersebut lantaran hanya khusus dipakai adipati dan keluarga Pura Mangkunegaran.

"Harusnya sudah tahu semuanya (larangan memakai motif parang lereng) untuk masuk Pura Mangkunegaran enggak boleh ada parang lereng," kata juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran Rakabuming Raka di Solo, Senin (5/12/2022)

Menurut dia, aturan tersebut telah berlaku sejak turun-temurun di lingkungan Pura Mangkunegaran. Selain Pura Mangkunegaran, larangan mengenakan pakaian atau busana dengan motif parang juga berlaku di lingkungan trah dinasti Mataram Islam seperti Keratonan Kasunanan Solo, Keraton Kasultanan Yogyakarta dan Pakualaman.

"Itu aturan dari Kanjeng Gusti (Kanjeng Gusti Adipati Arya Manngkunegara X) yang melarang (pemakaian motif parang). Harusnya ada (di undangan) dan sudah tahu semua (tentang larangan)," ujar dia.

Sebagai informasi bahwa motif parang di kalangan trah dinasti Mataram Islam hanya boleh dipakai oleh raja dan anak-anaknya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, motif parang kini banyak digunakan masyarakat di luar tembok keraton untuk memakai motif tersebut.

Baca juga: Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Siapkan 3 Jenis Suvenir Pernikahan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS