Sukses

Michael Sianipar Mundur dari Jabatan Ketua DPW, PSI DKI Jakarta: Tetap Solid

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina membenarkan berita mundurnya Michael Victor Sianipar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dia menyebut Michael menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) pada Senin 5 Desember 2022.

"Bro Mike punya alasan dan pilihan pribadinya untuk memilih wadah perjuangan politiknya. Bagaimanapun Bro Mike sudah menjadi Ketua DPW DKI semenjak 2017. Banyak sejarah dan pencapaian yang kita toreh bersama," kata Elva dalam keterangan resminya, Selasa (6/12/2022).

Kendati ada pergantian ketua DPW PSI, Elva menyatakan PSI DKI Jakarta saat ini dalam kondisi yang prima karena sudah lolos verifikasi dan siap ikut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Sekalipun ada proses pergantian ketua, PSI Jakarta tetap solid dan bergerak sesuai dengan nilai dan semangat yang telah dipupuk selama ini. Sistem organisasi dan kepengurusan kita sudah solid," ungkap dia.

Sebelumnya, Michael Sianipar mundur dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta. DPP PSI telah menerima surat pengunduran diri Michael.

"Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) telah menerima surat pengunduran diri Michael Sianipar dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jakarta per hari ini, Senin 5 Desember 2022," kata Sekretaris Jenderal DPP PSI, Dea Tunggaesti dalam keterangannya, Senin 5 Desember 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Grace Natalie Jabat Plt Ketua PSI DKI Jakarta

Posisi Michael diisi sementara oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie. "Sebagai pengganti, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Sis Grace Natalie akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PSI DKI Jakarta," kata dia.

Menurut Dea, kepergian anggota termasuk Michael adalah hal wajar dalam dunia politik. PSI pun kata dia, sampai saat ini konsisten melawan korupsi, melawan intoleransi, dan menolak mendukung kekuatan politik atau kandidat yang menggunakan politik identitas untuk meraih kekuasaan.

"Kami sejak dulu dan hingga hari ini konsisten dengan garis perjuangan itu," ujar dia.

Untuk itu, DPP PSI menyampaikan terima kasih pada Michael atas dedikasinya terhadap PSI selama ini.

"Terkait surat itu, DPP PSI menyatakan menerima pengunduran dirinya sekaligus mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi Bro Mike selama memimpin PSI Jakarta," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

PSI Lolos Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024

Untuk diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memenuhi syarat verifikasi faktual sebagai partai politik peserta pemilu 2024. Verifikasi faktual dilakukan langsung oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik di kantor DPP PSI, Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

Verifikasi faktual tersebut seperti jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan kelengkapan administrasi lainnya.

"Mengenai alamat kantor setelah kami lakukan verifikasi faktual ini sesuai penggunaan kantor tetap sampai dengan tahapan pemilu terakhir sesuai, kelengkapan kantor tetap kami tadi sudah cek, alat alat komputasi maupun alat kelengkapan administrasi juga ada, terus keterangan hasil verifikasi domisili kantor memenuhi syarat," kata Idham di kantor DPP PSI, Jakarta, Sabtu.

Idham mengatakan, hasil verifikasi keterwakilan perempuan PSI 62,5 persen. Hal ini sudah memenuhi syarat undang-undang pemilu pasal 173 ayat 2. Sedangkan, PSI juga sudah memenuhi syarat verifikasi faktual kepengurusan.

"Verifikasi faktual kepengurusan yang memenuhi syarat terdiri dari 3 orang laki-laki di dalamnya ada ketua umum dan 5 perempuan, jadi perempuannya jauh lebih banyak, Mas Giring ini hati-hati dalam rapat," ucap Idham.

"Jadi dengan demikian pada kesempatan kesimpulan akhir pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan keterwakilan perempuan dan domisili kantor partai politik PSI di tingkat pusat kami nyatakan memenuhi syarat," jelasnya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS