Sukses

Kapolri Pastikan Pengamanan BRI Liga 1 Sesuai Standar FIFA, Tak Ada Gas Air Mata

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi mengizinkan BRI Liga 1 bergulir kembali hari ini, Senin (5/12/2022). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pengamanan pertandingan BRI Liga 1 sesuai standar FIFA termasuk tidak boleh ada gas air mata di dalam stadion.

"Tentunya dari Polri dari awal sangat mendukung kompetisi, iklim kompetisi, dan kegiatan olahraga khususnya sepak bola di Indonesia," kata Kapolri Listyo dalam Konferensi Pers di Gedung Kemenko Polhukam, Senin (5/12/2022).

Sigit menyatakan terkait dengan adanya peristiwa beberapa tragedi Kanjuruhan pihaknya telah melakukan evaluasi secara tuntas baik dari sistem penyelenggaraan, kesiapan stadion hingga sistem pengamanan.

Dia menyebut, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan kementerian terkait perbaikan penyelenggaraan kompetisi sepak bola sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Polri juga telah mengeluarkan Peraturan Polisi (Perpol) terkait pengamanan pertandingan.

"Polri beberapa waktu yang lalu telah mengeluarkan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 terkait dengan pengamanan olahraga dan khusus di dalam mengatur khusus juga terkait dengan pengamanan penyelenggaraan sepak bola," jelas Sigit.

Sigit menyebut bahwa ada beberapa perbaikan yang dilakukan baik terhadap sistem evaluasi, sistem perizinan, metode, hingga kesiapan dari rangkaian pengamanan mulai dari sebelum pada saat pelaksanaan kegiatan dan pasca kegiatan.

"Semuanya tentu dilakukan evaluasi dan persiapan yang lebih baik termasuk khususnya terkait dengan aturan-aturan FIFA yang kemudian kita perjelas termasuk masalah penggunaan gas air mata," ungkap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kapolri Dukung Kompetisi Sepak Bola

Oleh sebab itu, Kapolri pun menyepakati bergulirnya kembali pertandingan di Liga 1 yang jadwalnya sudah ditentukan.

"Sesuai dengan kesepakatan, maka setelah ini untuk menyelesaikan sisa kompetisi yang ada maka kami Polri mendukung untuk dilanjutkannya penyelesaian sisa kompetisi," ucapnya.

Lebih lanjut, Sigit menuturkan bahwa Polri juga akan mendukung pelaksanaan kegiatan sepak bola lainnya. Ke depan, lanjut dia, akan ada kegiatan Piala Dunia U20 dan kompetisi sepak bola lain yang harus terselenggara dengan baik.

"Sehingga ke depan kita harapkan dengan evaluasi yang ada kompetisi bisa berjalan dengan lebih baik, lebih sehat, kemudian standar kegiatan stadion juga lebih baik dan standar pengamanannya juga lebih baik," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS