Sukses

Pemerintah Izinkan BRI Liga 1 Kembali Digelar Usai Tragedi Kanjuruhan, Syaratnya Tanpa Penonton

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengizinkan BRI Liga 1 bergulir kembali setelah sempat vakum selepas adanya Tragedi Kanjuruhan. Kendati diizinkan, sisa liga yang tersisa itu diizinkan dengan syarat dilangsungkan tanpa adanya penonton.

"Sekarang pemerintah mengumumkan bahwa liga itu akan diselesaikan jadwal yang telah ditentukan, akan diselesaikan dan PSSI dan Menpora akan mengendalikan ini. Dan Pak Kapolri sudah menjamin segi keamanan, penyelesaian sepak bola ini itu diizinkan tanpa ada penonton," kata Menko Polhukam Mahfud MD di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Selain itu, kata Mahfud juga akan dilakukan reformasi persepakbolaan nasional sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah baik dengan FIFA maupun dengan PSSI.

"Kemudian bersamaan dengan itu, reformasi persepakbolaan nasional khususnya PSSI itu terus berlangsung sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan dan pembicaraan-pembicaraan pemerintah baik dengan FIFA maupun dengan PSSI," jelas dia.

Mahfud menyebut juga sudah dilakukan evaluasi terkait perbaikan sistem evaluasi, perizinan, metode kesiapan sebelum kegiatan dan pasca kegiatan termasuk penggunaan gas air mata di agenda sepakbola mendatang.

Intinya, kata Mahfud pemerintah menyepakati untuk menyelesaikan sisa agenda Liga 1 yang tersisa untuk menyongsong agenda sepakbola lainnya. Dia juga menampik tertundanya Liga 1 karena kesalahan PSSI atau pun LIB

"Bukan kesalahan PSSI atau LIB, ini bukan kesalahan siapapun," kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sempat Vakum

Diketahui, Liga 1 2022 kembali bergulir setelah sempat vakum selepas adanya Tragedi Kanjuruhan.

Pada Senin (5/12/2022) hari ini, dijadwalkan ada empat pertandingan yang bakal dimainkan di Liga 1.

Ada tiga pertandingan yang akan dimainkan bersamaan pada pukul 15.30 WIB, diantaranya ada Bhayangkara FC vs PSS Sleman, Madura United vs PSIS Semarang, lalu PSM Makassar vs Persikabo 1973.

Selain itu, pada hari yang sama Liga 1 2022 juga akan memunculkan partai Persita Tangerang vs Bali United yang dijadwalkan bermain di Stadion Manahan pada pukul 18.30 WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS