Sukses

Lantik Sekda Marullah Matali Jadi Deputi Gubenur, Heru Budi: Saya Waktunya Tak Banyak

Pj Gubernur DKI Jakarta melantik Sekda Marullah Matali sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata. Sementara Pj Sekda DKI Jakarta kini dijabat Uus Kuswanto.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, dilantiknya Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata adalah untuk membantu dirinya menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur.

"Gini deputi itu kan kalau melihatnya lebih luas. Sehingga Pak Deputi Pak Marullah itu bisa membantu saya lebih luas lagi dan lebih lincah," kata Heru Budi ditemui di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022).

Heru menyatakan, selama ini secara teknis Sekda hanya menyelesaikan tugas internal. Ke depan, kata Heru, Marullah sebagai Deputi Gubernur akan punya tugas lebih banyak termasuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat.

"Sehingga kalau deputi itu kan sekali lagi itu bisa lebih luas dan tentunya tugas-tugas dari kami itu lebih banyak lagi dan bisa komunikasi kepada pemerintah pusat," kata dia.

Selain itu, Heru menjelaskan Deputi juga akan bertugas baik di kegiatan nasional maupun kegiatan internasional mewakili Pj Gubernur apabila berhalangan hadir atau sudah memiliki agenda lain.

"Salah satu tugasnya itu kan sebagai bisa mewakili saya dalam tugas-tugas di luar kan banyak terkait dengan C40, terkait dengan lembaga-lembaga yang internasional lainnya. Yang selama ini kan saya waktunya tidak cukup," terang Heru.

Sebelumnya, Heru Budi melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Jakarta Marullah Matali sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan Heru Budi membutuhkan posisi Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan yang saat ini kosong untuk membantunya bekerja dan menghadiri kegiatan yang tak bisa ia hadiri.

"Jadi pelantikan tadi kita membuat penyegaran, kasihan juga Pak Pj Gubernur ini kan sendiri mungkin kesibukannya dia sangat padat. Kalau misalkan beliau tidak bisa hadir, dia bisa mewakili gubenur itu aja," kata Prasetyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uus Kuswanto Jadi Pj Sekda DKI Jakarta

Sementara itu, posisi Pejabat (Pj) Sekda DKI ditempati Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto. Sedangkan untuk Sekda definitif nantinya akan ditunjuk Pemerintah Pusat.

"Kalau sekda ditangan pemerintah pusat nanti assement baru siapa orang-orangnya," kata dia.

Sebagai informasi, Marullah Matali dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta sejak 18 Januari 2021, kemudian saat ini mendapatkan amanah baru sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Adapun surat pengambilan sumpah jabatan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 139/TPA Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian, pelantikan ini juga Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.6/8607/SJ, perihal Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Khusus Ibukota Jakarta, serta Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1174 Tahun 2022 tentang Pengangkatan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.