Sukses

KAI Kembali Evakuasi Rangkaian KRL yang Anjlok di Rute Manggarai-Tanah Abang

Liputan6.com, Jakarta - KAI Commuter menyatakan, pihaknya berhasil mengevakuasi rangkaian commuterline yang mengalami kendala anjlok di lintas Manggarai-Tanah Abang pada Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 13.05 WIB.

"Rangkaian tersebut akan dijalankan kembali menuju pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut di Balai Yasa Manggarai," kata VP Corporate Secretary Anne Purba dalam keterangan tertulisnya.

Anne juga mengatakan, petugas gabungan masih memeriksa kondisi prasarana jalur rel agar kondisi rel aman untuk dapat dilalui.

"Saat ini perjalanan commuterline Manggarai-Tanah Abang masih menggunakan satu jalur secara bergantian," jelas Anne.

Tidak hanya Manggarai-Tanah Abang, prasarana perkertaapaian pada lintas Kampung Bandan-Angke yang sempat mengalami kendala, sudah di uji coba untuk melayani perjalanan kereta dengan menggunakan commuterline tanpa pengguna pada pukul 13.21 WIB.

"Uji coba ini untuk memastikan keamanan prasarana usai pemeriksaan dan perbaikan. KAI Commuter memohon maaf atas kendala operasional perjalananan commuterline pada lintas tersebut," kata Anne.

Sebelumnya, KAI Commuter telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa pola operasi perjalanan kereta rel listrik (KRL) usai perbaikan Prasarana Persinyalan dan Listrik Aliran Atas (LAA) pasca KA 5144C tujuan Kampung Bandan-Manggarai yang anjlok.

Petugas gabungan dari KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta, telah berhasil mengevakuasi seluruh rangkaian KA 5144C pada Pukul 05.58 WIB. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Sementara pekerjaan pengecekan dan perbaikan Prasarana Persinyalan dan Listrik Aliran Atas (LAA) masih terus dilakukan. Pada Minggu, KAI Commuter lakukan rekayasa pola operasi perjalanan commuterline," kata VP Corporate Secretary, KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Skema Rekayasa Dipersiapkan

Skema rekayasa perjalanan yang telah disiapkan di antaranya untuk perjalanan commuterline lintas Bekasi via Pasar Senen, perjalannya hanya sampai Stasiun Pasar Senen atau Kemayoran untuk kembali menuju Stasiun Bekasi/Cikarang.

Kemudian, untuk perjalanan commuterline Lintas Bekasi via Manggarai, perjalannya hanya sampai Stasiun Angke atau Duri untuk kembali menuju Stasiun Bekasi/Cikarang.

"Untuk perjalanan commuterline pada lintas lainnya berjalan normal," jelasnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS