Sukses

Urusi Pernikahan Putra Jokowi, Erick Thohir: Kaesang Sudah Seperti Keponakan Saya

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dia menganggap putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep seperti keponakan sendiri. Hal ini yang menjadi alasan Erick mau menjadi Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Mas Kaesang sudah seperti keluarga saya, keponakan lah," kata Erick usai gladi pernikahan di Puro Mangkunegaran Solo, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (27/11/2022).

Erick menuturkan, Kaesang Pangarep juga seumuran dan sangat dekat dengan anaknya, Aga Thohir, yang sama-sama tengah membangun dan mengembangkan Persis Solo. Sebagai sebuah keluarga, kata dia, sudah sepantasnya membantu Kaesang dalam mempersiapkan hari istimewanya.

"Adalah hal yang lumrah pada keluarga Indonesia dan orang timur pada umumnya untuk saling membantu sesama keluarga dalam acara atau hajatan besar," jelas dia.

Menurut dia, rasa gotong-royong merupakan salah satu kekuatan bangsa yang harus terus dilestarikan. Sebagai sebuah keluarga, kata Erick, tentu harus saling membantu.

"Tapi kadang-kadang orang senang membangun persepsi Menteri BUMN sibuk (ngurusin pernikahan), itu keliru. Bagi saya, Kaesang sudah jadi keponakan sendiri, ya saya dengan senang hati membantu," tutur Erick.

Sebelumnya, rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan digelar di Yogyakarta dan Solo. Untuk acara di Yogyakarta, rangkaian akan dimulai sejak 8-10 Desember 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pihaknya telah mendapatkan jadwal rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina.

Aji mengatakan untuk tanggal 8-9 rangkaian acara persiapan akan banyak dilakukan di kediaman Erina yang berada di kawasan Kabupaten Sleman, DIY. Sementara untuk tanggal 10 Desember merupakan akad nikah.

"Mulai tanggal 8, semaan (Alquran). Kemudian tanggal 9 itu mulai pasang bleketepe dan seterusnya. Malam itu midodareni," kata Aji, Kamis 24 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Bocorkan Pernikahan Kaesang-Erina: Ada 9 Panggung dan Pesta Rakyat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Mensesneg Pratikno kembali mengunjungi Pura Mangkunegaran. 

Erick Thohir mengatakan bahwa Kaesang dan Erina Gudono akan menggelar pesta besar-besaran yang dapat dinikmati masyarakat kota terkait. 

Erick menyebut bahwa nantinya akan ada 9 panggung yang dibangun untuk menghibur masyarakat.  Sehingga acara pernikahan Kaesang dan Erina dapat dikatakan sebagai pesta rakyat. 

"Ada 9 panggung buat masyarakat agar kemeriahan pernikahan Kaesang dan Erina juga bisa dirasakan masyarakat Solo," kata Menteri BUMN Erick Thohir, dikutip dari Instagram Erick Thohir pada Selasa 22 November 2022.

Ketiga menteri tersebut mengecek revitalisasi istana Kadipaten yang sudah berusia 265 tahun ini. Istana yang dibangun Raden Mas Said ini akan jadi salah satu destinasi wisata. 

Taman Mangkunegaran juga akan menyediakan tempat berjualan bagi UMKM, agar ekonomi masyarakat di kawasan ini semakin berkembang.

"Nanti juga akan digelar pesta rakyat untuk mengenalkan Pura Mangkunegaran yang baru. Buat yang suka foto-foto, jangan lupa mampir ke Pura Mangkunegaran karena banyak spot Instagramable," tulisnya.

3 dari 3 halaman

Kaesang Sebut Persiapan Pernikahan Sudah 100 Persen, Pakai Adat Solo-Jogja

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, menyatakan persiapan pernikahannya sudah 100 persen. Pernikahannya akan digelar dalam waktu kurang dari satu bulan lagi.

"(Persiapannya) sudah 100 persen. Sudah selesai dari bulan lalu kok," kata Kaesang, di Jakarta Pusat, seperti dilansir Antara, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengungkapkan, pernikahannya akan menggunakan adat dari dua daerah, yakni Solo dan Yogyakarta alias Jogja.

Menurut dia, acara perayaan pernikahannya dengan Erina Gudono akan memakan waktu selama dua hari.

Kaesang dengan tegas memastikan, pernikahannya tidak akan mengadopsi gaya modern yang saat ini tengah mendominasi tren pernikahan di Tanah Air.

Sementara untuk jumlah undangan pernikahannya, dia menyebut akan ada 3.000 orang yang diundang.

Seluruh keluarganya pun telah memberikan restu dan dukungan yang positif bagi Kaesang untuk menyambut hari bahagianya itu.

"Ibu bilang semangat. Mas Gibran bilang bagus. Mbak Ayang mantap. (Bapak?) jos," ungkap Kaesang mengakhiri percakapan dengan awak media.

Menjelang hari pernikahannya, Kaesang sangat tenang dan justru masih sibuk serta fokus mengembangkan bisnisnya. Mulai dari mengelola klub bola Persis Solo hingga mengembangkan usaha kulinernya Sang Pisang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS