Sukses

Wishnutama di IdeaFest 2022: Hargai Waktu, Jangan Banyak Gosip dan Ngomongin Orang

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengingatkan para generasi muda Indonesia untuk menghargai waktu.

Dia mengatakan, orang sekaya atau seberkuasa apapun tak akan bisa memutar kembali waktu yang telah terbuang.

"Ada hal yang tidak bisa kalian lakukan yaitu mengambil waktu yang sudah lewat barusan. 5 menit atau 10 menit atau 30 menit yang barusan," kata Wishnutama di acara IdeaFest 2022, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Wishnutama menerangkan, banyak yang tidak menyadari pentingnya memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang berguna. Karena menurutnya hidup manusia cuma sebentar. 

"Kamu mau jadi apa. Saya ingatkan teman-teman ada hal yang sederhana yang banyak kita nggak sadar saat ini," ujar dia.

Dia juga menjelaskan bahwa orang kaya bisa membeli apapun dengan uang di dunia. Orang berkuasa bisa mengatur apapun di dunia. Dan orang sepintar apapun juga bisa memikirkan semua di dunia.

"Tapi orang sekaya apapun tidak bisa beli waktu yang kita lewatin, seberkuasa apapun kalian sekalipun tidak bisa atur waktu mundur ke belakang, sejenius Anda tidak bisa memutar waktu lagi 1 menit ke belakang," kata Wishnutama. 

"Tetapi sayangnya kita sering membiarkan waktu hilang begitu saja. Entar aja deh, tidur aja deh. Itu yang terjadi padahal kita tahu sehebat apapun kita, nggak bisa ambil yang sudah lewat. Giliran udah lewat harusnya aku ini harusnya saya itu. Sayang itu masalahnya itu," sambung dia.

 

 **Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Wishnutama: Setiap Manusia Diberi Waktu yang Sama

Wishnutama meyampaikan, ia sendiri tidak pernah menyesali waktu yang sudah berlalu. Bukan tanpa alasan, karena menurutya dirinya sudah memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang berguna.

"Karena saya sudah tahu pada saat itu sudah melakukan yan terbaik. Saya nggak leye leye, nggak membiarkan waktu yang hampa nggak ada artinya," ujar dia.

Wishnutama mengatakan, setiap manusia diberi waktu yang sama. Masalahnya, banyak dari manusia yang menghambur-hamburkan waktu begitu saja.

"Bahkan kita nggak peduli," ujar dia.

Wishnutama menceritakan pengalaman sewaktu masih menyandang predikat pegawai perusahaan. Ada perbedaan antara bekerja di perusahaan Indonesia dengan perusahaan asing.

"Saya ingat betul di Amerika jam 9 teng sampai jam 5 sore teng itu tidak ada yang gosip. Break makan siang makan tidak ada yang ngomongin teman-temannya. Kerja tidak ada omongin orang lain, gosip, baca koran apa segala macam. Tidak ada," ujar dia.

"Coba kerja di Indonesia mau sehebat apapun perusahaan pasti gosip lebih banyak dari kerja. Padahal gosip ngomongin orang lain tidak akan membuat diri kita lebih hebat," ucap Wishnutama. 

3 dari 3 halaman

Wishnutama Tuai Pujian di KTT G20 Bali

Sedikit mengulik akan sosok Wishnutama. Seperti diketahui, pria dengan nama lengkap Wishnutama Kusubandio ini merupakan seorang pengusaha Indonesia yang pernah menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju. 

Meski tak lagi menjadi menteri, tangan dingin Wishnutama dalam menggelar acara bertaraf internasional kerap diacungi jempol. Salah satunya, dia dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menggelar gala dinner dan Cultural Performance di KTT G20 di Bali belum lama ini.

Wishnutama ditunjuk sebagai pemimpin perhelatan Gala Dinner KTT G20 dan Cultural Performance G20 yang digelar di taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, 16 November 2022.

Melalui akun Twitter-nya, Wishnutama pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Presiden Joko Widodo terhadap tugas yang diembannya. 

"Terima kasih banyak Pak Presiden @jokowi atas kepercayaannya kepada kami dan terima kasih banyak kepada semua yang telah mendukung acara tadi malam sehingga berjalan dengan baik dan lancar🙏🏼🙏🏼🙏🏼#damai #peace #G20 #G20Indonesia #wishnutama," tulis akun resmi @wishnutama di laman Twitter, Rabu (16//11/2022).

Sejumlah video yang memperlihatkan indah dan suksesnya penyelenggaraan Gala Dinner KTT G20 dan Cultural Performance G20 ini pun beredar di internet dan mendapat pujian dari warganet. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS