Sukses

Status KLB Polio, Pemerintah Segera Imunisasi Massal di Pidie Aceh

Atas penemuan kasus polio di Pidie, Aceh, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan langsung menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Selain menetapkan status, imunisasi massal segera dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Atas penemuan kasus polio di Pidie, Aceh, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan langsung menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Selain menetapkan status, imunisasi massal segera dilakukan.

Adapun, imunisasi polio dilakukan pada 28 November 2022 di Pidie.

"Kita rencanakan di Pidie tanggal 28 November kabupaten Pidie kita harapkan selesai dalam seminggu," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu saat konferensi pers daring, Sabtu (19/11/2022).

Karena temuan Polio terjadi Aceh, pemerintah juga akan melakukan imunisasi massal di seluruh Kabupaten/Kota di Aceh mulai 5 Desember 2022.

"Tanggal 5 seluruh Kabupten/Kota (imunisasi) di seluruh wilayah Aceh," ujar Maxi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setiap Provinsi

Selain imunisasi massal, pemerintah juga akan meningkatkan kembali imunisasi Polio rutin di seluruh Indonesia.

Sebab saat ini catatan Kemenkes, 30 provinsi dan 415 kabupaten/kota di Indonesia beresiko tinggi Polio karena imunisasi yang rendah.

Selain melakukan imunisasi, pemerintah juga melakukan pemantauan di fasilitas kesehatan seluruh Indonesia. Dikhawatirkan masih ada kasus Polio pada anak di bawah 15 tahun yang belum dilaporkan.

"Di samping mempersiapkan ini kita melakukan surveillance yang aktif ke faskes untuk melihat jangan-jangan ada yang belum terlaporkan untuk melihat anak-anak di bawah 15 tahun mengalami flaccid (lumpuh) secara mendadak," ujar Maxi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.