Sukses

Survei PWS Sebut Prabowo Subianto Masih Unggul, Banyak Dipilih Rakyat Kecil

Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei yang salah satunya melihat tingkat elektabilitas terhadap tokoh yang dianggap berpeluang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei yang salah satunya melihat tingkat elektabilitas terhadap tokoh yang dianggap berpeluang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Hasilnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menduduki posisi teratas jika pemilu dilakukan hari ni. Dia mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Prabowo meraih dukungan tertinggi dengan 29,5%. Lalu, disusul Ganjar 20,9% dan Anies 19,8%,” kata peneliti PWS, Sharazani dalam paparannya secara daring, Selasa (15/11/2022).

Selain itu ada nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil 7,5%, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY 4,2%, Menteri BUMN, Erick Thohir 3,9%.

Disusul nama Kepala Staf Presiden, Moeldoko 3,8%; Menparekraf, Sandiaga Uno 2,8%, Ketua DPR, Puan Maharani 2,1%, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto 2%, dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar 1,1%.

Sedangkan sisa responden menjawab tidak tahu.

Di sisi lain, Prabowo juga disebut dipilih banyak oleh rakyat kecil. Misalnya, dari kelompok petani,Prabowo unggul dengan raihan 56,2%. Sementara itu, sebanyak 38,3% responden bakal memilih kandidat lainnya.

"Pengalaman sebagai Ketua Umum HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) ternyata membuat nama Prabowo sudah terlanjur lekat di hati kaum tani," kata Sharazani.

Prabowo juga unggul dengan responden pengangguran sebesar 54,8 persen, pekerja sektor informal sebesar 53,5 persen, dan pekerja buruh sebesar 51,3 persen.

"Prabowo mereka persepsikan sebagai capres yang memiliki kemampuan membuat ekonomi rakyat menjadi lebih baik," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkait Survei

PWS melibatkan 1.200 warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih dan tersebar di 34 provinsi sebagai responden.

Pemilihannya menggunakan teknik systematic random sampling.

Mereka diwawancara melalui sambungan telepon dengan pedoman kuesioner. Adapun toleransi kesalahan (margin of error/MoE) survei sekitar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024