Sukses

Siswa SDN Pondok Cina 1 Belajar Tanpa Guru di Kelas, DPRD Depok Datangi Sekolah

Para wali murid kecewa dengan pihak SDN Pondok Cina 1 karena tidak mengikuti rekomendasi DPRD Depok. Para siswa diminta kembali masuk sekolah, namun ternyata tidak ada guru yang hadir untuk mengajar.

Liputan6.com, Depok - Puluhan siswa kelas 1 hingga 6 kembali mendatangi SDN Pondok Cina 1 yang sebelumnya akan direlokasi Pemerintah Kota Depok. Namun, puluhan siswa yang telah bersiap bersekolah harus belajar tanpa bimbingan tenaga pendidik SDN Pondok Cina 1.

Salah seorang orang tua siswa, Ecy Tuwasikal mengatakan, kepala sekolah sudah mengkonfirmasi agar anak-anak kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN Pondok Cina 1. Namun nyatanya, tidak ada kepala sekolah maupun guru yang datang ke SDN Pondok Cina 1.

"Kami sangat menyesal karena rekomendasi anggota DPRD Kota Depok tidak dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Depok," ujar Ecy kepada Liputan6.com, Senin (14/11/3022).

Para wali murid menyayangkan sikap guru yang tidak sesuai dengan pernyataannya bahwa akan melakukan pembelajaran di SDN Pondok Cina 1, bukan di SDN Pondok Cina 3 dan 5 yang ditunjuk menjadi tempat relokasi.

Hingga berita ini ditulis, tidak ada guru yang mengajar siswa yang sudah berada di kelas di SDN Pondok Cina 1. Akibatnya, KBM terpaksa dilakukan oleh relawan dan orang tua siswa.

"Setiap kelas yang memberikan pembelajaran melalui relawan dan orang tua siswa," ungkap Ecy.

Sementara itu, sejumlah anggota Komisi D DPRD Kota Depok mendatangi SDN Pondok Cina 1. Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Depok, Ikravany Hilman mengatakan, kedatangannya bersama anggota Komisi D untuk meninjau pembelajaran di SDN Pondok Cina 1.

Namun seluruh kelas tidak ada guru yang memberikan pembelajaran kepada siswanya. "Kami datang guru tidak ada di kelas, jadi siswa belajar tanpa ada arahan pembimbing," kata Ikravany.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DPRD Depok Akan Kawal Terus Polemik di SDN Pondok Cina 1

DPRD Kota Depok akan mempertanyakan kembali tindak lanjut pemerintah atas rekomendasi DPRD terkait permasalahan di SDN Pondok Cina 1.

DPRD Kota Depok menegaskan sikap dan komitmen Pemerintah Kota Depok terkait penyelesaian dan rekomendasi permintaan DPRD Kota Depok yang meminta penundaan sementara relokasi hingga terdapat gedung baru.

"Kami akan terus mengawal SDN Pondok Cina 1 kasihan siswa dan orang tua yang meminta kepastian pemerintah terkait rencana relokasi," pungkas Ikravany.

Sebelumnya, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Babai Suhaimi mengatakan, telah melakukan audiensi dan mendengarkan keluh kesah orang tua siswa SDN Pondok Cina 1. Dari audiensi tersebut Komisi D telah membuat catatan yang diberikan kepada pimpinan DPRD Kota Depok.

"Pengalihan fungsi SDN pondok Cina 1 yang akan dialihkan menjadi tempat ibadah atau masjid raya sementara waktu ditunda,” ujar Babai kepada Liputan6.com, Jumat (11/11/2022).

Babai menjelaskan, penundaan relokasi SDN Pondok Cina 1 ditunda sampai adanya relokasi gedung pengganti SDN Pondok Cina 1 yang baru. Pemerintah Kota Depok diminta untuk mengembalikan hak didik proses belajar mengajar dan dilaksanakan pada gedung SDN Pondok Cina 1.

“Seluruh sarpras yang telah dipindahkan untuk dikembalikan dan guru serta peserta didik harus menjalankan proses belajar mengajar secara normal dimulai pada senin pekan depan,” jelas Babai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.