Sukses

Wamendagri: 3 Pj Gubernur Provinsi Pemekaran di Papua Dilantik Besok Pagi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik tiga orang penjabat (Pj) gubernur di pemekaran provinsi baru Papua.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik tiga orang penjabat (Pj) gubernur di pemekaran provinsi baru Papua.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipu saat menghadiri Rakornas Toponimi dan Batas Daerah di Hotel Horison Grand Serpong, Kota Tangerang, Kamis (10/11/2022).

"Dari data yang sudah kami terima, ada penambahan provinsi di wilayah timur Indonesia. Papua Selatan, Tengah dan Pegunungan. Besok pagi, direncanakan pelantikan PJ Gubernurnya, oleh Menteri Dalam Negeri, mewakilu Presiden Jokowi," ujar Wetipo.

Ketiga Pj Gubernur tersebut dipastikan merupakan putra asli tanah Papua. Sebab, sesuai mandat Presiden Jokowi, yang harus membangun Papua adalah putra daerah.

John Wempi menyebut, ketiga Pj Gubernur hasil pemekaran Papua adalah Apolo Safanpo, yang juga Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura akan dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Selatan. Lalu, Nikolaus Kondomo dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

Menariknya, ada seorang wanita dan Wamen Dagri memastikan, dia adalah wanita pertama dalam sejarah berdirinya Papua, menjabat sebagai gubernur. Yakni Ribka Haluk yang bakal dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besok Pagi di Gedung Kemendagri

"Ribka ini perempuan pertama Papua yang sejak integrasi Papua ke wilayah kesatuan Republik Indonesia, menjadi Pj Gubernur. Dan ini bisa menjadi kebanggaan orang Papua," ungkap John Wempi Wetipo.

Dengan demikian, Indonesia resmi memiliki 37 provinsi. Juga terdapat penambahan desa, kecamatan dan kelurahan. Yakni penambahan desa sebanyak 305, lalu menambah 11 kecamatan, 8 kelurahan dan 3 provinsi.

Pelantikan sendiri rencananya dilakukan besok pagi, Jumat, 11 November 2022 di Gedung Kemendagri, Gambir, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.