Sukses

Mimpi Puan Maharani Budaya Indonesia Mendunia bak K-Pop

Puan mendorong promosi budaya Indonesia, khususnya kepada generasi muda di Korea bisa seperti ‘wabah’ K-Pop yang mendunia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi Busan Indonesia Center (BIC). Kunjungan ini dilakukan, usai putri dari Megawati Soekarnoputri itu menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan. 

Mengutip siaran pers diterima, Puan mendorong promosi budaya Indonesia, khususnya kepada generasi muda di Korea bisa seperti ‘wabah’ K-Pop yang mendunia.

Puan pun berdialog dengan para pelaku UMKM dan unsur pemerintahan lokal di Busan. Dia  melihat berbagai produk khas Indonesia di BIC. Terdapat pameran buku-buku berbahasa dan sastra Indonesia, rumah adat dan baju tradisional nusantara, batik, peta budaya, wisata, cagar alam, panorama Indonesia, santri, dan produk UMKM Indonesia.

“Seperti halnya K-Pop sudah cukup dikenal di kalangan muda Indonesia. Tentu sebaliknya kita perlu mendorong anak muda Korea juga mengenal luas mengenai Indonesia dan budaya Indonesia,” harap Puan dalam keterangan pers diterima, Selasa (8/11/2022).

Puan juga berharap, BIC didorong untuk lebih memberi perhatian lebih terhadap pengenalan Indonesia bagi generasi muda Korea. Hal ini lantaran pemuda pemudi-lah yang akan menjadi pimpinan di masa depan.

Selain itu, lanjut mantan Menko PMK ini, demi mendukung pengembangan hubungan kedua negara, BIC diharapkan dapat menjadi platform untuk pengenalan dan pengembangan kerja sama seperti dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan pariwisata.

“BIC juga diharapkan untuk terus berkoordinasi dengan KBRI dalam menjalankan program-programnya,” kata Puan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi Program

Puan meyakini, BIC dapat menciptakam program yang bersinergi, saling melengkapi, dan saling memperkuat demi memperkuat persahabatan antar masyarakat kedua negara.

“BIC elanjutnya dapat berkontribusi bagi kokohnya hubungan Indonesia–Korea di masa depan. Terima kasih, Kamsahamnida,” Puan menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.