Sukses

Ma’ruf Amin Ziarah Makam Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari di Kairo

Pada banyak kesempatan, Ma’ruf Amin sering menukil pendapat Ibnu Athaillah, salah satu kutipannya yakni segala perbedaan atau kebhinekaan di dunia ini tidak perlu menjadi kekhawatiran.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah agenda kegiatannya di Kairo, Mesir, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan ziarah ke Makam Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari, penulis kitab Al Hikam yang cukup masyhur di kalangan ulama dan santri, Sabtu (5/11/2022).

Diketahui, pada banyak kesempatan Ma’ruf Amin sering menukil pendapat Ibnu Athaillah. Salah satunya saat memberikan arahan pada Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-47 di Hotel Sultan Jakarta pada Selasa (26/07/2022), Wapres mengutip pendapat Ibnu Athaillah bahwa segala perbedaan atau kebhinekaan di dunia ini tidak perlu menjadi kekhawatiran.

“Yang perlu dikhawatirkan adalah dorongan hawa nafsu yang tidak terkendali. Adapun relevansinya dengan kehidupan berbangsa adalah tidak boleh ada ego kelompok yang dapat merusak persatuan,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, Minggu (6/11/2022).

Sebagai informasi, Ibnu Athaillah merupakan seorang sufi terkemuka di dunia yang mempunyai nama lengkap Syekh Ahmad bin Muhammad bin Abdul Karim bin Athaillah As-Sakandari. Ia lahir di Iskandariah (Mesir) pada 648 H/1250 M, dan wafat di Kairo pada 709 H/1309 M. Julukan As-Sakandari merujuk kota kelahirannya, Iskandariah.

Adapun Wapres Ma’ruf Amin bertolak ke Timur Tengah untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja, Sejak Selasa (1/11/2022).

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi menyatakan sebelum menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP 27 di Mesir, Wapres akan terlebih dahulu melakukan sejumlah agenda di Persatuan Emirat Arab (PEA) termasuk bertemu Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Pada Rabu (2/11/2022), tutur Masduki, Ma’ruf melakukan pertemuan dengan Presiden MBZ untuk membahas sejumlah isu strategis Indonesia - PEA di Istana Al Shatie Abu Dhabi. Selanjutnya Wapres juga akan bertemu Presiden dan Sekretaris Jenderal Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP) di Hotel Emirates Palace.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Agenda Wapres di Timur Tengah

Selain bertemu Presiden dan Sekjen ADFP di Abu Dhabi, Ma’ruf juga memberikan pidato pada Pertemuan Ke-9 ADFP. Pada Rabu sore, Wapres dan rombongan bertolak ke Dubai untuk melakukan rangkaian aktivitas lainnya.

Di Dubai pada hari ketiga kunjungan, Kamis (3/11/2022), kata Masduki, Ma’ruf melakukan pertemuan dengan perwakilan Dubai Holding di Hotel Raffles. Selain itu, di lokasi yang sama rencananya Wapres juga akan bertemu perwakilan Lembaga Publisher Global Islamic Index.

Pada hari keempat kunjungan, Jumat (4/11/2022), Wapres meninjau Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dubai. Kemudian pada sore harinya, Wapres dan rombongan bertolak ke Kairo, Mesir.

Selanjutnya di Kairo, Sabtu (5/11/2022), Wapres bertemu dengan para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo.

Selanjutnya, hari keenam kunjungan, Minggu (6/11/2022), Ma’ruf akan mengunjungi Museum Nasional Peradaban Mesir. Usai peninjauan, Wapres dan rombongan dijadwalkan bertolak ke Sharm El Sheikh untuk menghadiri rangkaian KTT Perubahan Iklim COP 27.

Lebih lanjut, Masduki memaparkan bahwa pada hari ketujuh kunjungan, Senin (07/11/2022), sekitar pukul 12.15 waktu setempat, Wapres akan menghadiri pembukaan KTT COP 27 di Sharm El Sheikh International Convention Center.

Di KTT COP 27 ini, Wapres diagendakan menyampaikan Pidato (National Statement) pada High Level Segment hari pertama atau kedua (7 atau 8 November) sesuai urutan kepala negara/pemerintahan yang saat ini masih disusun panitia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.