Sukses

Rampai Nusantara Papua Siap Dorong Kesejahteraan Masyarakat Bumi Cendrawasih

Menurut Ketua Rampai Nusantara Mardiansyah, Papua dengan sumber daya alam yang melimpah sudah seharusnya dimaksimalkan untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Rampai Nusantara (RN) Mardiansyah menyampaikan akan membantu mendorong kesejahteraan dan keadilan masyarakat Papua.

Hal tersebut Ia sampaikan saat deklarasi dan pelantikan pengurus Rampai Nusantara Provinsi Papua, pada hari ini Sabtu (29/10/2022).

Menurut Mardiansyah, Papua dengan sumber daya alam yang melimpah sudah seharusnya dimaksimalkan untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Papua.

"Rampai Nusantara di Tanah Papua memiliki semangat untuk bisa memastikan, mengawal, dan mendorong keadilan dan kesejahteraan rakyat Papua," ujarnya. 

Ia menyebut kesejahteraan masyarakat Papua saat ini sudah semakin baik. Hal tersebut tidak lepas dari kebijakan presiden Joko Widodo alias Jokowi yang mengarahkan sebagian besar pembangunan di wilayah timur termasuk Papua.

"Sejak menjabat Presiden, Pak Jokowi memiliki perhatian yang sangat besar pada pembangunan di Indonesia wilayah Timur, termasuk Papua. Kebijakan presiden tersebut sudah terlihat hasilnya terutama infrastruktur di Papua saat ini yang sudah jauh lebih baik. Karena itu Rampai Nusantara Provinsi Papua, saya minta terus mengawal dan mendorong agar Papua dapat menjadi daerah yang maju dan sejahtera," tambah pria yang juga aktivis 98 tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsen pada Kesejahteraan Rakyat Papua

Senada dengan Mardiansyah, Ketua Dewan Eksekutif Rampai Nusantara Provinsi Papua Nursanto Nawawa juga berharap kehadiran Rampai Nusantara di Tanah Papua dapat turut serta mendorong kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di Bumi Cendrawasih tersebut.

"Deklarasi dan pelantikan Rampai Nusantara di Tanah Papua harus memiliki konsen pada keadilan dan kesejahteraan rakyat Papua, sebagaimana arahan ketum," jelasnya.

Diketahui, saat ini Rampai Nusantara telah resmi berdiri dan memiliki kepengurusan di 23 provinsi di Indonesia. Deklarasi dan Pelantikan pengurus Papua merupakan lanjutan dari konsolidasi dan pembentukan Rampau Nusantara di seluruh wilayah di Indonesia.

Menyusul dalam waktu dekat Deklarasi dan Pelantikan Rampai Nusantara untuk provinsi Sulawesi Utara.

3 dari 3 halaman

Soal Pemeriksaan Lukas Enembe di Papua, Ketua KPK: Kita Sudah Lakukan Persiapan

Di sisi lain, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan untuk memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe di Papua. Namun, dia belum dapat memastikan kapan penyidik KPK akan memeriksa Lukas sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

"Kita sudah melakukan persiapan. Tentu kita pertama dalam rangka penyelesaian penegakan hukum," kata Firli di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022. 

Dia menyampaikan, KPK masih memprioritaskan pemulihan kesehatan Lukas Enembe yang berada dalam kondisi sakit. Kendati begitu, Firli memastikan penyidik akan segera memeriksa Lukas.

"Kita menjunjung tinggi azas-azas tugas pokok KPK, di antaranya menjunjung HAM. Berdasarkan keterangan dokter yang kita dapat, yang bersangkutan dalam keadaan sakit, maka kita harus prioritas pertama memulihkan kesehatan yang bersangkutan," jelasnya.  

"Insya Allah bisa lancar. Waktunya saya belum bisa memastikan kapan. Tapi kita pasti akan ke sana," sambung Firli.

Menurut dia, rencana pemeriksaan Lukas di Papua sudah dibahas dengan tim penyidik maupun ikatan dokter. Terkait apakah akan dilakukan penanahan terhadap Lukas usai diperiksa, Firli belum dapat memastikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.