Sukses

JK soal Aher dan AHY Jadi Kandidat Cawapres Anies: Semua Mungkin, Semua Baik

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), angkat bicara terkait nama-nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan. Nama-nama tersebut ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), angkat bicara terkait nama-nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan. Nama-nama tersebut ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

JK menilai, kedua sosok tersebut berpotensi mendampingi Anies pada Pilpres 2024. Terlebih, kedua tokoh tersebut dinilai sangat baik oleh dirinya.

"Semua mungkin, semua baik. Nanti (urusan) koalisi dan Anies," kata JK, kepada wartawan di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (28/10) malam.

Kendati demikian, dia menegaskan perihal cawapres dirinya tak mau ikut campur, sebab hal itu menjadi kewenangan Anies dan Partai NasDem untuk memutuskan siapa yang terbaik.

Namun dalam dia menilai, kriteria cawapres yang penting adalah bisa menunjukan sanggup bekerja untuk masyarakat dan membantu presiden.

“Itu urusan anies dan partai-partainya.Tapi orang (kandidat cawapres) elektabilitasnya dilihat dari apa yang dikerjakannya sekarang,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunikasi

Sebagai informasi, saat ini Partai Nasdem sebagai pengusung Anies menjadi capres tengah berkomunikasi intens untuk menjajaki koalisi bersama dua parpol oposisi pemerintah, yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, hingga kini koalisi tersebut belum terbentuk, diduga yang menjadi penghambat adalah penentuan cawapres.

3 dari 3 halaman

NasDem Ingin Non Parpol

Partai Nasdem menginginkan pendamping Anies merupakan sosok non-parpol.

Sementara PKS menyodorkan Ahmad Heryawan (Aher) dan Partai Demokrat terus mendorong AHY.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.