Sukses

Infografis Ledakan di Sukoharjo dari Paket Petasan

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan terjadi di kawasan Asrama Brimob, Grogol Indah, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu 25 September 2022 sekitar pukul 18.00 WIB. Bahkan, saking kerasnya, ledakan di Sukoharjo itu terdengar hingga radius 1,5 kilometer dari tempat kejadian perkara.

Salah seorang anggota Brimob terluka akibat ledakan Sukoharjo. "Korban luka bernama Bripka Dirgantara Pradipta yang berusia 35 tahun. Anggota berjenis kelamin laki-laki dan berasal dari Polresta Surakarta," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat atau Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M Iqbal Al Qudussy, Minggu 25 September 2022.

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo itu diduga berasal dari paket kardus warna cokelat yang diterima anggota Brimob. Paket itu diduga dikirim melalui jasa kiriman online dan bukan merupakan pesanan yang bersangkutan.

Selanjutnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menjelaskan, paket itu berisi bubuk hitam bahan pembuat petasan atau mercon. Namun, dia memastikan tidak ada unsur teror dalam ledakan di Sukoharjo tersebut.

"Ledakan bukan berasal dari bom, ini bukan bentuk teror," ujar Kapolda Jateng dalam konferensi pers, Minggu malam.

Menurut dia, paket bahan petasan tersebut merupakan hasil razia setahun lalu yang dibawa ke rumah anggota. Untuk menyelidiki lebih lanjut, polisi telah mengamankan pengirim dan penerima.

Adapun anggota Brimob yang menjadi korban masih dirawat di Rumah Sakit Moewardi, Solo, Jateng. Karena itu, menurut Kapolda Jateng, pihaknya belum bisa memeriksa anggota tersebut. Kendati demikian, Irjen Ahmad Luthfi pun meminta masyarakat tidak panik terkait ledakan Sukoharjo.

Bagaimana asal-usul paket meledak di kawasan asrama Brimob Sukoharjo? Bagaimana ragam tanggapan ledakan di Sukoharjo dari paket petasan? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Infografis Ledakan di Sukoharjo dari Paket Petasan

3 dari 4 halaman

Infografis Asal-Usul Paket Meledak di Kawasan Asrama Brimob Sukoharjo

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Ledakan di Sukoharjo dari Paket Petasan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.