Sukses

Infografis Gelombang Demonstrasi Tolak Kenaikan Harga BBM

Sejak Selasa pagi hingga sore 6 September 2022, para buruh dan 13 elemen masyarakat menggelar aksi demo BBM. Unjuk rasa dipusatkan di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta dan patung kuda Arjuna Wiwaha, kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM masih berlanjut. Bila pada Senin 5 September 2022, ribuan mahasiswa berunjuk rasa menolak kebijakan pemerintah tersebut, sehari kemudian atau Selasa 6 September 2022, giliran buruh gelar demo BBM naik.

Sejak Selasa pagi hingga sore, para buruh dan 13 elemen masyarakat menggelar aksi demo BBM. Unjuk rasa dipusatkan di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta dan patung kuda Arjuna Wiwaha, kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

"Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, ART, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di kantor gubernur," ucap Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI sekaligus Presiden Partai Buruh.

Said Iqbal menjelaskan, demo hari ini memang ditujukan agar pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM yang telah diputuskan pada 3 September 2022. Harga BBM yang naik, yakni jenis Pertalite, Pertamax dan Solar.

"Tujuannya adalah meminta gubernur membuat surat rekomendasi kepada Presiden dan Pimpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM," kata Presiden Partai Buruh tersebut.

Adapun demo Kenaikan BBM pada 6 September 2022 dikawal ribuan personel Gabungan. "Untuk yang di DPR ini sekitar 3000 personel," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin.

Ketika ada demo BBM di Jakarta, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sedang memimpin Rapat Evaluasi Proyek Strategi Nasional, Jokowi rapat dengan sejumlah menterinya di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa 6 Setember 2022.

Sehari sebelumnya, Jokowi menyatakan tak mempermasalahkan soal aksi demonstrasi kenaikan harga BBM yang digelar di DPR RI, Selasa 6 September 2022. Namun, Jokowi mengingatkan agar demo dilakukan dengan tertib dan tak anarkistis.

Apa saja tuntutan dan alasan Buruh menolak kenaikan harga BBM? Bagaimana ragam tanggapan terhadap gelombang demonstrasi menentang harga BBM naik? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Gelombang Demonstrasi Tolak Kenaikan Harga BBM

3 dari 4 halaman

Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Gelombang Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.