Sukses

Wapres Dorong Pekerja Seni Terus Hasilkan Karya untuk Berbagi Ilmu Pengetahuan

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap aktivitas pameran seni kembali diselenggarakan dan para pekerja seni dapat kembali berkontribusi memajukan bangsa melalui karya-karyanya.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 memberikan pukulan besar di berbagai sektor, tidak terkecuali para pekerja seni. Seiring keadaan Covid-19 yang melandai, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap aktivitas pameran seni kembali diselenggarakan dan para pekerja seni dapat kembali berkontribusi memajukan bangsa melalui karya-karyanya.

“Saya mendorong pelukis tanah air untuk terus menghasilkan karya yang dapat menjadi medium untuk berbagi ilmu pengetahuan, inspirasi, serta kreativitas, dan mencerminkan nilai-nilai bangsa Indonesia,” ujar Ma’ruf usai menghadiri Pagelaran Seni Lukis Firdaus Alamhudi, dikutip Selasa (23/8/2022).

Menurut Ma’ruf, para pekerja seni mempunyai peranan untuk menyatukan bangsa melalui karya-karya yang beragam bentuk dan makna.

“Pekerja seni, termasuk pelukis, memiliki peran yang penting dalam mempersatukan bangsa karena karya seni berbicara melampaui perbedaan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan pameran seni lukis karya Firdaus Alamhudi, karena memiliki misi kemanusiaan. Hasil lelang nantinya akan digunakan untuk pembangunan masjid di wilayah DKI Jakarta dan Banten.

“Pameran lukisan ini menjadi kian bermakna karena akan digelar lelang lukisan yang hasilnya akan disumbangkan untuk pembangunan masjid di DKI Jakarta dan Banten,” terangnya.

Ma’ruf pun berharap, dengan adanya pameran seni dengan tema Nuansa Kemerdekaan ini, menjadi penanda kebangkitan para pekerja seni dan budaya tanah air pascapandemi Covid-19. Terlebih, kini semakin banyak pameran seni yang kembali diselenggarakan di berbagai daerah.

“Saya berharap Pameran Nuansa Kemerdekaan turut menandai kebangkitan pegiat seni dan budaya tanah air yang mendapat pukulan akibat pandemi Covid-19,” harapnya.

Ma’ruf berpesan agar semangat nasionalisme dapat terus dijaga dan dikembangkan melalui seni kontemporer karya anak bangsa.

“Mudah-mudahan karya yang kental bernuansa nasionalisme ini dapat ikut melestarikan sejarah bangsa, serta memberikan arti tersendiri di tengah berbagai karya seni kontemporer,” tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringati HUT ke-77 RI

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Pagelaran Seni Lukis Firdaus Alamhudi, Gilang Fajar Ramadan menyampaikan tujuan penyelenggaraan pameran ini, yaitu untuk memeriahkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, serta melakukan kegiatan sosial membangun masjid di DKI Jakarta dan Banten.

“Tujuan acara ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan memberikan apresiasi kepada masyarakat pencinta lukisan, memberikan motivasi kepada seni lukis Indonesia untuk bangkit dari pandemi, serta upaya sosial membangun masjid di Jakarta Utara dan pondok pesantren di Banten,” ungkapnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.