Sukses

6 Pesan dan Harapan Anies hingga Jokowi saat Peringatan HUT ke-77 RI

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah tokoh menyelipkan pesan dan harapan saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/8/2022).

Salah satunya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada upacara peringatan HUT ke-77 RI, Anies bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Anies menyampaikan amanat upacara HUT ke-77 RI pada pukul 07.31 WIB. Dalam amanatnya, Anies mengingatkan balas budi untuk Indonesia.

Anies Baswedan menyatakan Kemerdekaan RI diraih dan diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendahulu dan pendiri negara. Menurut dia, kemerdekaan RI bukan suatu hal yang dihadiahkan.

"Kemerdekaan yang diraih Indonesia ialah perjuangan yang dimulai kaum yang tercerdaskan, terdidik dan memperjuangkan berdirinya republik untuk menghadirkan kemerdekaan yang hakiki," ujar Anies, Rabu (17/8/2022).

Tak hanya itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pentingnya perannya generasi muda dalam membangun negeri.

"Mempertahankan kemerdekaan adalah tugas dan tanggung jawab setiap generasi. Generasi muda akan menjadi generasi yang akan terus mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," kata Sri Mulyani, dalam unggahan pesan video di laman Instagram resminya.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu mendukung agenda besar Indonesia Maju. Ucapan itu disampaikan Jokowi dalam rangka HUT ke-77 RI.

"Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia!" tulis Jokowi lewat akun Twitter @jokowi.

Berikut sederet pesan dan harapan para tokoh saat peringatan HUT ke-77 RI dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Gubernur DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Plaza Selatan, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT ke-77 RI ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Bendera Merah Putih dikibarkan pada pukul 07.17 WIB oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta.

Terdapat 52 orang anggota Paskibraka yang terdiri dari 26 orang Paskibraka Putra dan 26 Paskibraka Putri berasal dari berbagai SMK dan SMA kota administrasi Jakarta.

Anies menyampaikan amanat upacara HUT ke-77 RI pada pukul 07.31 WIB. Dalam amanatnya, Anies mengingatkan balas budi untuk Indonesia.

Anies Baswedan menyatakan Kemerdekaan RI diraih dan diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendahulu dan pendiri negara. Kemerdekaan RI, kata dia, bukan suatu hal yang dihadiahkan.

"Kemerdekaan yang diraih Indonesia ialah perjuangan yang dimulai kaum yang tercerdaskan, terdidik dan memperjuangkan berdirinya republik untuk menghadirkan kemerdekaan yang hakiki," kata Anies.

Atas hal tersebut, Anies mengingatkan bahwa kemerdekaan yang bisa dinikmati saat ini harus diganti dengan tanggung jawab membalas budi untuk Indonesia.

"Harus ditanamkan ialah bukan untuk sekedar menyumbang untuk Indonesia, tapi kita harus membayar balik, bayar balas budi untuk republik," tutup Anies.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Menko Polhukam

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan Indonesia ada karena para pahlawan ikut berjuang meraih kemerdekaan.

Hal tersebut disampaikannya usai usai mengikuti Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangkaian HUT Ke-77 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata Jakarta, Rabu dini hari (17/8/2022).

Seperti dilansir dari Antara, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut mengatakan sebagai anak bangsa, maka sudah selayaknya masyarakat turut mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

"Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka mengenang para pahlawan," kata Mahfud.

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan bagian dari rangkaian HUT RI Ke-77. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

 

4 dari 7 halaman

3. Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin berharap Indonesia dapat segera keluar dari pandemi Covid-19. Harapan ini disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022.

Sesuai tema HUT RI ke-77 tahun 2022 yang mengusung tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, masyarakat turut diajak untuk tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Bagi masyarakat yang belum vaksinasi Covid-19 lengkap atau booster, dapat mendatangi sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksin. Protokol kesehatan dan vaksinasi termasuk kombinasi sebagai upaya perlindungan diri dari penularan virus Corona.

"Ayo, tetap disiplin melakukan protokol kesehatan dan segera vaksinasi Covid-19 agar Republik Indonesia segera Merdeka dari pandemi dan ekonomi pulih kembali. Dirgahayu Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat," tutur Budi Gunadi melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com dalam edisi ucapan Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 pada Selasa, 16 Agustus 2022 malam.

Salah satu keberhasilan vaksinasi Covid-19 terlihat dengan adanya kekebalan masyarakat Indonesia yang cukup tinggi di angka 98,5 persen, bahkan kadar antibodi meningkat 4 kali lipat. Kekebalan ini juga terbentuk dari infeksi alamiah.

Berdasarkan hasil sero survei ketiga nasional terbaru yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), peningkatan kadar antibodi tersebut disebabkan oleh vaksinasi dan terinfeksi Covid-19.

Sebab, sampai saat ini masih banyak penduduk yang terinfeksi Covid-19. Hal itu dapat meningkatkan antibodi orang yang terinfeksi. Namun, kontribusi terbesar kekebalan yang terbentuk adalah dengan vaksinasi.

 

5 dari 7 halaman

4. Menteri Keuangan

Pada Rabu hari ini, tepatnya 17 Agustus 2022 Indonesia menyambut Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke-77.

Dalam menyambut HUT RI ke-77, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pentingnya perannya generasi muda dalam membangun negeri.

"Mempertahankan kemerdekaan adalah tugas dan tanggung jawab setiap generasi. Generasi muda akan menjadi generasi yang akan terus mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," kata Sri Mulyani, dalam unggahan pesan video di laman Instagram resminya, dikutip Rabu (17/8/2022).

"Kami saat ini terus menjaga dan membangun pondasi Indonesia. Anda semua generasi muda akan memegang estafet kepemimpinan," lanjutnya.

"Terus bersemangat membangun Indonesia, menjaga Indonesia, yang Bhineka namun satu," tambah Menkeu.

Dalam keterangan unggahan video itu, Sri Mulyani memuji Indonesia, negara yang merdeka, yang saat ini dalam kondisi baik. Namun bagaimana Indonesia ke depannya ?

Maka dari itu, Sri Mulyani mengajak masyarakat di Tanah Air untuk bahu-membahu mempertahankan dan membangun Indonesia menjadi lebih baik ke depannya.

"Kita bersama yang harus mempertahankannya dengan bersatu membangun Indonesia tercinta," tutur Sri Mulyani.

"Dirgahayu negeriku, Indonesiaku," tutupnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Wapres

Pada momen HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa merapatkan barisan, menjaga persatuan dalam kerja nyata agar Indonesia dapat pulih dan bangkit dari krisis.

"Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat," kata Ma'ruf Amin, Rabu (17/8/2022).

Ma'ruf Amin mengatakan rekam sejarah bangsa Indonesia memberi pelajaran bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang. Menurutnya, semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaan harus senantiasa menjadi jiwa bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

Dia menyampaikan tantangan yang dihadapi pahlawan dan pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan berbeda dengan tantangan yang dihadapi bangsa saat ini, maupun di masa depan. Namun perjuangan yang dilakukan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan harus sama kuatnya dengan pahlawan kemerdekaan.

"Apalagi saat ini kita tengah dilanda ujian berat akibat pandemi Covid-19, konflik internasional, krisis pangan, energi serta perubahan iklim," jelasnya.

Oleh karena itu Wapres Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa merapatkan persatuan agar bangsa segera pulih dari krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat.

Selain itu menurut Ma’ruf Amin, butuh modal penting demi mewujudkan hal itu, salah satunya ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK).

"Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah modal terpenting untuk bisa mengelola perubahan dan sekaligus memenangkan persaingan global," ujar Ma’ruf.

Ma’ruf meminta, semangat tercermin dalam tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” harus ditularkan kepada bangsa-bangsa lain dengan memanfaatkan presidensi G20 Indonesia.

"Melalui momentum Presidensi G20, kita tularkan semangat kepada bangsa-bangsa lain, agar kemajuan dan kesejahteraan di tingkat nasional, kawasan dan global dapat kita wujudkan," terang Ma’ruf.

Tidak lupa, Ma’ruf mengajak bangsa Indonesia untuk bisa membangkitkan semangat dan kegigihan perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk mengatasi segala tantangan, meski yang dihadapi saat ini berbeda dengan tantangan di era penjajahan.

Ma’ruf meyakini, bangsa Indonesia sejatinya adalah bangsa pejuang, sehingga semangat perjuangan para pahlawan harus terus tertanam kuat dalam sanubari bangsa Indonesia sampai kapanpun.

"Semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaan harus senantiasa menjadi jiwa seluruh bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan," Ma’ruf menandasi.

 

7 dari 7 halaman

6. Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu mendukung agenda besar Indonesia Maju. Ucapan itu disampaikan Jokowi dalam rangka HUT ke-77 RI.

Jokowi menekankan komitmen kerja keras, inovasi, dan kreativitas untuk Indonesia Maju. Dia berharap, RI bisa pulih dan bangkit lebih kuat.

"Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia!" tulis Jokowi lewat akun Twitter @jokowi seperti dilihat Rabu (17/8/2022).

Sebelumnya, Jokowi juga mengingatkan bahwa RI harus tetap waspada terkait krisis yang masih menghantui dunia. Lebih dari itu, ada geopolitik dunia yang mengancam kawasan.

"Saya tegaskan kembali bahwa kita harus selalu waspada, hati-hati, dan siaga. Krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan," kata Jokowi saat Pidato Kenegaraan di Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Jokowi berpesan agar bangsa Indonesia harus selalu 'Eling lan Waspodo', atau harus ingat dan waspada. Selain itu, harus selalu cermat dalam bertindak.

"Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah. Saya tegaskan kembali. Agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus dilakukan," ujarnya.

Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu. Ia juga mengajak bangsa mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju.

"Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas," pungkas Jokowi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS