Sukses

Pimpin Upacara HUT ke-77 RI di Monas, Anies Bicara Balas Budi untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Plaza Selatan, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT ke-77 RI ini. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Bendera Merah Putih dikibarkan pada pukul 07.17 WIB oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta.

Terdapat 52 orang anggota Paskibraka yang terdiri dari 26 orang Paskibraka Putra dan 26 Paskibraka Putri berasal dari berbagai SMK dan SMA kota administrasi Jakarta.

Anies menyampaikan amanat upacara HUT ke-77 RI pada pukul 07.31 WIB. Dalam amanatnya, Anies mengingatkan balas budi untuk Indonesia.

Anies Baswedan menyatakan Kemerdekaan RI diraih dan diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendahulu dan pendiri negara. Kemerdekaan RI, kata dia, bukan suatu hal yang dihadiahkan.

Pemprov DKI Jakarta menggelar Upacara HUT ke-77 RI di Plaza Selatan, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

"Kemerdekaan yang diraih Indonesia ialah perjuangan yang dimulai kaum yang tercerdaskan, terdidik dan memperjuangkan berdirinya republik untuk menghadirkan kemerdekaan yang hakiki," kata Anies.

Atas hal tersebut, Anies mengingatkan bahwa kemerdekaan yang bisa dinikmati saat ini harus diganti dengan tanggung jawab membalas budi untuk Indonesia.

"Harus ditanamkan ialah bukan untuk sekedar menyumbang untuk Indonesia, tapi kita harus membayar balik, bayar balas budi untuk republik," ujar dia.

Pada upacara ini Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) DKI Jakarta, Arifin bertindak sebagai Perwira Upacara. Sementara itu, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Rizki Adhari bertindak sebagai Komandan Upacara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Belasan ASN Telat Upacara HUT RI di Monas

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara. Upacara HUT ke-77 RI ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB pagi.

Para aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai Pemprov DKI Jakarta diwajibkan untuk menghadiri upacara HUT ke-77 RI di Monas. Gladi bersih dilakukan pukul 06.30 WIB, kemudian gerbang Monas ditutup pada pukul 06.45 WIB.

Berdasarkan pantauan merdeka.com di lokasi, terdapat 15 ASN Pemprov DKI Jakarta yang terlambat dan dilarang masuk ke area Monas. Salah satu petugas yang ditemui di lokasi tidak bisa memberitahu jumlah pasti ASN yang terlambat.

Sekitar pukul 07.01 WIB, para ASN yang terlambat tersebut diarahkan untuk pergi ke Balai Kota DKI Jakarta untuk melakukan upacara secara terpisah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS