Sukses

HUT ke-77 RI, Jokowi Ajak Bersatu Padu Dukung Pencapaian Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu mendukung agenda besar Indonesia Maju. Ucapan itu disampaikan Jokowi dalam rangka HUT ke-77 RI.

Jokowi menekankan komitmen kerja keras, inovasi, dan kreativitas untuk Indonesia Maju. Dia berharap, RI bisa pulih dan bangkit lebih kuat.

"Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia!" tulis Jokowi lewat akun Twitter @jokowi seperti dilihat Rabu (18/7).

Sebelumnya, Jokowi juga mengingatkan bahwa RI harus tetap waspada terkait krisis yang masih menghantui dunia. Lebih dari itu, ada geopolitik dunia yang mengancam kawasan.

"Saya tegaskan kembali bahwa kita harus selalu waspada, hati-hati, dan siaga. Krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan," kata Jokowi saat Pidato Kenegaraan di Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Jokowi berpesan agar bangsa Indonesia harus selalu 'Eling lan Waspodo', atau harus ingat dan waspada. Selain itu, harus selalu cermat dalam bertindak.

"Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah. Saya tegaskan kembali. Agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus dilakukan," ujarnya.

Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu. Ia juga mengajak bangsa mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju.

"Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas," pungkas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Dimulai Pukul 09.40 WIB

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat akan dimulai pada Rabu (17/8/2022), pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI ini akan dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wurry diagendakan memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja akan dibunyikan selama 1 menit. Kemudian dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih akan dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dijadwalkan memasuki lapangan upacara.

Pukul 10.21 WIB akan dilakukan pengibaran bendera sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan dipimpin Komandan Upacara.

Acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Upacara HUT ke-77 RI di Istana Digelar Terbuka

Seperti diketahui, Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 akan dilakukan secara terbuka. Sebelumnya, peringatan HUT Kemerdekaan RI digelar secara terbatas dalam dua tahun terakhir karena situasi pandemi Covid-19.

Pihak Istana mengatakan ada 2.000 masyarakat yanf diundang dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. Sementara itu, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada Upacara Penurunan Bendera di sore hari.

"Kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas masih terbatas, kurang lebih 1.000 sampai 2.000, kurang lebih 2.000-an di pada pagi hari. Dan di 2.000 sampai 3.000 di (Upacara penurunan bendera) sore hari," kata Heru dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 1 Agustus 2022.

Selain itu, pihak Istana juga akan mengundang para menteri, ketua lembaga, dan beberapa petinggi serta perwira tinggi TNI-Polri dalam Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Heru menyampaikan pihaknya tetap menyediakan live streaming agar masyarakat bisa menyaksikan Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI secara virtual.

Adapun tema dan logo HUT ke- 77 RI yakni, 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'. Tema ini mengartikan Indonesia yang sudah melampaui kondisi Covid-19.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS