Sukses

Para Pengendara Diminta Beri Sikap Hormat di Waktu 10.17 pada 17 Agustus 2022

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pengendara kendaraan yang akan melewati jalan sekitar pukul 10.17 pada Rabu 17 Agustus 2022, khususnya di sekitar Jakarta Pusat diminta untuk berhenti sejenak dan memberikan hormat.

Menurut Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta berharap, para pengendara bisa mengambil sikap hormat ke bendera merah putih, yang saat itu akan berkibar di Istana Merdeka, Jakarta, untuk merayakan HUT ke-77 RI.

"Nanti pas detik-detik kenaikan bendera itu, nanti diberhentikan oleh petugas lalu lintas disetop biasa," kata dia saat dihubungi, Selasa (16/8/2022) malam.

Purwanta mengatakan, pihaknya menempatkan sejumlah Polantas di beberapa ruas jalan. Mereka nantinya yang memberikan aba-aba kepada pengendara pada saat detik-detik kenaikan bendera merah putih.

"Nanti dari pusat sampaikan langsung berhenti, berdiri memimpin sikap hormat," ungkap dia.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan, ruas jalan yang ditutup saat Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) diadakan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu 17 Agustus 2022

Latif menyebut, diantaranya kawasan di Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana dimulai pada pukul 21.00 WIB

"Sekitar jam 21.00 WIB nanti malam sudah kita lakukan sterilisasi. Sehingga lingkungan istana betul-betul steril dari lalu lintas," ujar dia, Selasa (16/8/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Siapkan 500 Personel

Latif menyiapkan 500 personel lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat selama upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

Dia pun berharap, karena Rabu tanggal merah, arus kendaraan tidak terlalu padat.

"Di sana akan kita lakukan rekayasa lalu lintas. Besok hari libur mudah-mudahan arus tidak terlalu padat ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merakayakan Hari Kemerdekaan di tempat masing-masing," kata Latif.

 

3 dari 3 halaman

Persiapan Kirab Bendera

Kepala Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional Muhammad Isa Sarnuri menyatakan, Monas ditutup hari ini, Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan penutupan dilakukan untuk sterilisasi kawasan Monas jelang upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77.

"Sterilisasi kawasan aja, persiapan untuk kegiatan kirab bendera," kata Isa kepada wartawan, Senin 15 Agustus 2022.

Isa menjelaskan, sejauh ini pihak Monas masih menunggu informasi terkait gladi untuk memperingati HUT RI yang berlangsung 17 Agustus 2022.

Menurutnya, penutupan kawasan Monas tidak akan berlangsung lama. Dia menyatakan masyarakat dapat kembali berkunjung ke Monas mulai Rabu, 17 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB pagi.

"Kami buka untuk masyarakat umum, karena diberikan kesempatan untuk melihat kirab bendera," kata Isa.

"Rabu pas HUT RI-nya jam 08.00 WIB baru kita buka untuk umum karena umum diberikan kesempatan untuk melihat kirab bendera," sambungnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS