Sukses

Bupati Morowali Utara Dorong Investasi Guna Serap Tenaga Kerja Lokal

Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi, berharap, realisasi investasi di wilayahnya dapat berdampak langsung pada peningkatan kesejahetraan masyarakat setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi, berharap, realisasi investasi di wilayahnya dapat berdampak langsung pada peningkatan kesejahetraan masyarakat setempat. Menurut dia, realisasi investasi di kabupatennya sangat tinggi hingga melebihi target.

“Realisasi kami mencapai 248 persen dari target awal Rp4,8 triliun yaitu di angka Rp11 triliun, karena banyak industri pertambangan yang masuk ke Morowali Utara," terang Delis saat penandatangan nota kesepahaman pemerintah Kabupaten Morowali Utara dengan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kantor Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Jakarta, seperti dikutip Jumat (29/7/2022).

Delis merinci, tingginya nilai investasi telah mendorong pertumbuhan ekonomi Morowali Utara yang tumbuh diatas rata-rata nasional. Namun demikian, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran tidak turun secara signifikan.

Delis mencatat, terdapat beberapa penyebab dari hal itu akibat tidak berimbangnya investasi dan pertumbuhan ekonomi dengan kesejahteraan masyarakat. Sebab, penyerapan tenaga kerja lokal kurang maksimal dan migrasi tenaga kerja terlalu tinggi.

Delis berharap, kerjasama antara pemerintah kabupatennya dengan PT GNI dapat menjadi jalan keluar untuk penyerapan tenaga kerja lokal terutama untuk tenaga kerja skill sehingga penurunan angka pengangguran dan kemiskinan bisa signifikan.

"PT GNI telah membuka diri untuk memberikan perencanaan kebutuhan tenaga kerja dalam mendukung percepatan investasinya dan oleh karena itu kami telah menggandeng PT Total HR Indonesia sebagai mitra strategi kami dalam pelaksanaan program peningkatan kapasitas, harapanya akan mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja lokal dengan spesifikasi kemampuan tertentu," Delis menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Menanggapi kerja sama ini, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor yang turut hadir dalam acara turut mengapresiasi langkah Delis dan kabupaten Morowali Utara bersama PT Gunbuster Nickel Industry. Menurut Afriansyah, hal itu merupakan inisatif yang baik guna mendorong pelatihan dan penyerapan tenaga kerja lokal.

"Hari ini kami menyaksikan MoU, mudah-mudahan pelatihan-pelatihan berbasis kebutuhan industri yang akan dikerjasamakan dapat mendorong tenaga kerja skill di daerah," ujar Afriansyah.

Sebagai informasi, dalam acara penandatangan nota kesepahaman antara Pemkab Morut dan PT GNI Sekretaris Jenderal Kemenaker RI Anwar Sanusi dan Direktur Utama Total HR Indonesia Aulia Febrina.

Direktur total HR Indonesia Aulia Febrina menambahkan bahwa pihaknya akan mendukung tidak hanya peningkatan kapasitas namun juga menjembatani digitalisasi informasi pasar karja pasar kerja lokal agar dapat tergabung dalam ekosistem siapkerja sesuai visi 9 lompatan kemnaker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.