Sukses

Hari Kedua di NTT, Jokowi Akan Tinjau dan Resmikan Sejumlah Infrastruktur

Jokowi menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo minimal mencapai satu juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana melanjutkan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (22/7/2022). Jokowi diagendakan meninjau dan meresmikan sejumlah infrastruktur di Labuan Bajo, NTT.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi akan mengawali kunjungan kerja hari kedua di NTT dengan menuju proyek pengembangan sarana hunian pendukung kawasan pariwisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Setelah itu, Jokowi juga akan menuju lokasi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II untuk meninjau sekaligus meresmikannya. Selanjutnya, dia direncanakan menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Nurul Falah, Kabupaten Manggarai Barat.

Usai salat jumat dan santap siang, Kepala Negara dan rombongan akan menuju ke Bandara Komodo Labuan Bajo untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta.

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana tiba di Labuan Bajo pada Kamis 21 Juli 2022. Jokowi beserta Ibu Iriana meresmikan penataan kawasan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.

"Dari penataan di Pulau Rinca, kemudian penataan di pelabuhan lama di Marina, kemudian juga infrastruktur jalan yang dilebarkan, dan juga ada yang diperpanjang, kemudian juga memperpanjang runway, dan memperluas terminal airport Komodo," ujar Jokowi saat peresmian, Kamis kemarin.

Dari pengembangan tersebut, utamanya dengan adanya perluasan bandara, Jokowi menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo minimal mencapai satu juta orang. Dia mengatakan, target tersebut akan naik apabila proyek perpanjangan landasan pacu (runway) Bandar Udara Komodo telah selesai.

"Kalau nanti runway-nya sudah diperpanjang, wide body bisa masuk, (target wisatawan) naik lagi ke 1,5 juta (orang). Saya sudah sampaikan ke Menteri Pariwisata Pak Sandiaga Uno," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konservasi Habitat Komodo

Terkait habitat hewan Komodo sebagai tempat wisata, Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah berupaya untuk melakukan konservasi habitat Komodo di Pulau Komodo dan Pulau Padar. Dia menyarankan para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Rinca apabila ingin melihat hewan tersebut.

Selain itu, dia juga meresmikan Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka yang digelar di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, Labuan Bajo. Jokowi meminta agar kawasan tersebut dapat terus dijaga dan dipelihara dengan baik.

Menurut dia, saat ini pemerintah sedang terus berupaya untuk melakukan penataan di seluruh kawasan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Setiap bulan kerja bakti bersih-bersih agar kawasan ini terus terpelihara dengan baik dan makin cantik dari hari ke hari. Karena kita ini masih memiliki pekerjaan membangun jalan, memperlebar jalan agar tujuan akhir dari penataan seluruh kawasan yang ada adalah kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Manggarai Barat, lebih khusus di Labuan Bajo," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Labuan Bajo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Labuan Bajo

  • NTT

  • Komodo