Sukses

Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Waspada Bencana Hidrometeorologi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta masyarakat mewaspadai curah hujan dengan intensitas tinggi yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi di wilayahnya itu.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta masyarakat mewaspadai curah hujan dengan intensitas tinggi yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi di wilayahnya itu.

"Warga agar tetap waspada jika terjadi cuaca ekstrem. Harus saling menjaga dan mempersiapkan diri," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini usai menyambangi keluarga korban longsor di Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (20/7/2022).

Menurut dia, kondisi cuaca saat ini dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi sebagian besar wilayah Jabar memiliki kemiringan dan curah hujan tinggi, sehingga potensi terjadinya bencana hidrometeorologi pun cukup besar.

"Bencana hidrometeorologi atau yang berhubungan dengan air mayoritas terjadi di Jawa Barat. Meskipun beberapa hari lalu terjadi bersamaan dengan dibeberapa daerah di Pulau Jawa seperti Banten, DKI, Jawa Tengah," jelas Kang Emil.

Khusus di Jawa Barat, terdapat empat daerah dilanda bencana banjir dan longsor. Sebagian ada di wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan Garut.

"Kejadian bencana banjir beberapa hari lalu di Jawa Barat ada 4, sebagian di Bekasi, sebagian di Bogor, kemudian Depok dan yang paling parah di Kabupaten Garut," kata Kang Emil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serahkan Bantuan

Bahkan, bencana alam ini memakan korban jiwa. Manah (57) warga Kampung Salabenda, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, tewas tertimbun longsor.

Pada kesempatan yang sama, Ridwan Kamil menyerahkan bantuan dan santunan sebesar Rp 10 juta, 150 paket sembako dan bantuan renovasi dua rumah yang terdampak longsor.

"Kami menyampaikan bantuan dan rasa duka cita kita kepada salah satu warga yang berpulang. Atas kejadian ini kita mengevaluasi aliran kali, mencegah agar bencana ini tidak terulang lagi,” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Ucapkan Bela Sungkawa

Sebelumnya, Hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat, termasuk Bogor. Hal itu memicu bencana longsor di Kota Bogor.

Dalam insiden itu, satu orang dilaporkan tewas tertimbun. dan hari ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengunjungi keluarga tersebut dan sejumlah keluarga lain yang menjadi korban longsor di RT 01/08 Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (20/7/2022).

"Tentunya kami menyampaikan bantuan dan rasa dukacita kepada salah satu yang berpulang dengan dua follow-up, mengevaluasi tentunya sistem sungai yang tentunya harus kita cegah agar tidak terulang lagi. Selanjutnya, memberikan bantuan tanggap darurat dan rekonstruksi, khususnya untuk dua rumah yang kemarin musibahnya paling luar biasa," kata Kang Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.