Sukses

Jokowi Sambut Presiden Timor-Leste di Istana Bogor, Akan Teken 4 MoU

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). Adapun Jose Ramos-Horta baru dilantik menjadi Presiden Timor Leste pada Mei 2022.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di Youtube Sekretariat, Presiden Jose Ramos-Horta tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.57 WIB, dengan diiringi arak-arakan pasukan berkuda serta musik kesenian tradisional.

Jokowi pun langsung menyambut Presiden Ramos-Horta yang turun dari mobilnya, di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya berbincang sejenak dan saling menjabat tangan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dimana lagu kebangsaan Indonesia dan Timor Leste diperdengarkan. Setelah itu, Jokowi dan Presiden Ramos-Horta saling memperkenalkan delegasi masing-masing dari kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemudian, Duta Besar RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Presiden Timor-Leste masuk ke dalam Istana Kepresidenan Bogor untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Keduanya lalu menuju beranda Istana unruk melakukan pembicaraan atau veranda talk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanam Pohon Bersama

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama, yang merupakan agenda rutin dilakukan apabila ada pemimpin negara yang datang ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanam yakni, Pohon Gaharu.

Pohon Gaharu sendiri merupakan pohon yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan identik dengan aroma kayu yang khas. Pohon Gaharu ini menjadi bahan obat medis dan tradisional dan dipercaya kayunya berasal dari surga karena memiliki aroma yang khas.

Jokowi dan Presiden Jose Ramos akan melalukan pertemuan tatap muka. Setelah itu, keduanya akan menyampaikan keterangan pers bersama.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Timor Leste sendiri sudah berjalan selama 20 tahun. Rencananya, ada empat naskah kesepahaman atau MoU yang akan diteken kedua negara, mulai dari bidang pertanian, pergerakan lintas batas bis, standarisasi dan meteorologi, serta kerja sama teknis di bidang perdagangan.

Sebagai informasi, Jose Ramos-Horta dilantik sebagai Presiden Timor Leste pada 19 Mei 2022. Namun, dia sebelumnya juga pernah menjadi Presiden Timor Leste pada periode 2007-2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.