Sukses

Jokowi Ingatkan Polri: Kedepankan Pencegahan, Jadikan Penegakan Hukum Upaya Terakhir

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan anggota Polri untuk mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Dia meminta Polri untuk bertindak humanis, namun tetap tegas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan anggota Polri untuk mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Dia meminta Polri untuk bertindak humanis, namun tetap tegas.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara yang dipusatkan di Akademi Kepolosian (Akpol) Kota Semarang Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

"Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan," ujar Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Menurut dia, rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh semua masyarakat. Jokowi meminta Polri untuk menjadikan penegakan hukum sebagai opsi terakhir.

"Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas Berat

Selain itu, Jokowi juga meminta anggota Polri tetap berinovasi, adaptif, responsif, dan bertransformasi. Pasalnya, kata dia, tugas Polri ke depannya akan semakin berat.

"Individu anggota polri dan kelembagaan polri harus terus berinovasi, harus semakin adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan banyak tugas berat nasional yang masih harus dilakukan Polri. Pertama, pandemi Covid-19 yang masih perlu penanganan serius.

"Saya minta polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Waspada

Kedua, kata Jokowi, Polri harus mewaspadai ketidakpastiaan global, krisis energi, pangan, dan keuangan. Untuk itu, Polri harus memastikan keamanan dan ketertiban masyarakar agar dapat kokoh dalam menghadapi tantangan ini.

Ketiga, Jokowi menekankan Polri harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Dia meminta Polri terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi.

"Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Polri