Sukses

Jenazah Tjahjo Kumolo Disalatkan di Masjid Quba Kemenpan RB

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo disalatkan di Masjid Quba Kemenpan RB, Sudirman, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Jenazah Tjahjo diberangkatkan dari rumah duka di Widya Chandra, Jakarta Selatan sekitar pukul 15.51 WIB. Jasad Tjahjo dibawa ke kantor Kemenpan RB untuk disalatkan.

Jenazah kemudian tiba di Kemenpan RB sekitar pukul 16.05 WIB. Kedantangan jenazah sudah ditunggu sejak tadi oleh para pegawai Kemenpan RB.

Tak lama kemudian, peti jenazah yang balut bendera Merah Putih ini diantar menuju Masjid Quba Kemenpan RB untuk kemudian disalatkan. Peti digotong oleh prajurit TNI berbaret merah.

Sesampainya di halaman masjid, peti jenazah langsung diserahkan kepada para pegawai Kemenpan RB yang kemudian menggotong dan menaruhnya di barisan depan dalam masjid.

Salat jenazah pun berlangsung dan dipimpin Wakil Presiden Maruf Amin.

 

2 dari 3 halaman

Layaknya Seorang Ayah

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini menyebut, Tjahjo Kumolo bukan hanya sebagai pemimpin, namun layaknya seorang ayah bagi para pegawai.

"Pak Tjahjo itu adalah sosok pimpinan yang bijak, dan beliau melakukan leadership, beliau itu pendekatan kekeluargaan, dan setiap persoalan-persoalan dapat diselesaikan dengan cepat dan sigap. Dan kami semua seluruh pegawai Kementerian PAN-RB merasa kehilangan sosok yang begitu baik dan sosok yang betul-betul seperti ayah kami sendiri karena beliau sangat-sangat-sangat memperhatikan seluruh pegawai," kata dia.

Rini Widyantini menyebut rencananya Menpan RB Tjaho Kumolo langsung akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Menurut Rini, hal itu sudah menjadi permintaan keluarga.

"Sebelum salat ashar, segera, karena pihak keluarga meminta," ujar Rini di Kemenpan RB, Jumat(1/7/2022).

 

3 dari 3 halaman

Mohon Maaf

Rini menyatakan atas nama Kemenpan RB dirinya memohon keikhlasan agar masyarakat mau memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan Tjahjo Kumolo.

"Jadi saya atas nama keluarga besar Kemenpan RB memohonkan maaf atas segala kekhilafan atau kesalahan dari Bapak Tjahjo dan saya mohon keikhlasan dan doa agar pimpinan kami Bapak Tjahjo Kumolo husnul khatimah," kata dia.